User Experience dalam SEO, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

User Experience dalam SEO

Mengapa user experience dalam SEO memiliki peranan yang penting? Bagaimana cara untuk improve user experience untuk sebuah situs yang dioptimasikan dengan cara search engine optimization. Walaupun Anda sah sah saja menggunakan Jasa SEO Jakarta, Jasa SEO Semarang, Jasa SEO Jogja atau Jasa SEO yang lainnya untuk membantu Anda mengoptimasi sebuah situs, namun sebagai digital marketing, Anda harus tahu mengapa UX sangat berpengaruh pada SEO.

Algoritma Google kemungkinan memasukkan user experience sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi rangking sebuah situs di SERPs. Optimasi UX sebenarnya merupakan cabang dari desain yang berfokus pada pengguna atau pengunjung situs saat pengunjung situs sudah berhasil berada di dalam situs. UX website mencakup semuanya mulai dari desain, tata letak serta bagaimana pengguna berinteraksi dengan sebuah situs.

Sebelum user experience masuk ke dalam faktor rangking yang dipertimbangkan Google, para digital marketer pada saat itu memfokuskan situs mereka untuk search engine bukan user. 

Bagaimana Cara User Experience Berdampak Untuk SEO?

Google menyatakan secara explicit jika mobile friendly (optimasi UX untuk layar yang kecil), kecepatan loading situs, keamanan situs, dan lain sebagaimana sebagai hal yang harus dipertimbangkan. Faktanya, Google pada tahun 2021 meluncurkan Page Experience Ranking update yang menggabungkan lebih banyak faktor – faktor di dalam algoritmanya yang diberi nama Core Web Vitals.

Mengapa user experience dalam SEO sangat memiliki peranan yang penting? Sebab Google sangat mengedepankan user experience bagi usernya. Jadi jika UX buruk maka akan berakibat buruk pula bagi sebuah situs. 

User Experience dalam SEO

SEO dan UX Best Practices

Mobile Friendly

Lebih dari 50% pengguna Google mengakses sebuah situs menggunakan handphone. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan mengenai tata letak, tampilan, text, penggunaan gambar yang sesuai serta hal – hal yang lainnya yang mampu berpengaruh pada UX pengguna smartphone.

Baik pengguna dan search engine akan menilai sebuah situs dari tampilan selulernya. Semua elemen yang ada pada situs Anda akan berdampak pada SEO situs Anda. Fokuslah untuk membuat navigasi yang simple dan clear. Buat juga desain yang simple dan responsif.

Perhatikan Kecepatan Situs

Website yang memiliki loading yang cepat tentu mampu meningkatkan user experience. Untuk meningkatkan kecepatan situs, Anda bisa mengkompres gambar yang digunakan, belajar membuat clean code, menggunakan web host yang bagus dan yang lainnya.

Navigasi yang Mudah Dipahami

Salah satu kesalahan ketika Anda hanya berfokus ke SEO dan rangking adalah website yang tidak memiliki navigasi yang jelas. Padahal memiliki navigasi yang simple untuk sebuah website mampu meningkatkan user experience. Jadi, jangan sepelekan hal ini.

Penggunaan Heading

User experience dalam SEO juga ada hubungannya dengan penggunaan heading. Heading sendiri sangat berguna untuk mengidentifikasi konten serta untuk meningkatkan SEO. Selain itu, penggunaan heading yang tepat juga bisa membantu pengunjung situs untuk mengerti informasi pada sebuah konten yang ada di website tanpa harus mengetahui semuanya. Setiap halaman harus memiliki H1. Lalu H2 – H6 bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Clear Logo

Logo atau site ID merupakan salah satu elemen dari situs yang user pertama kali lihat saat mengakses situs Anda. Site ID sebaiknya dibuat clear, jelas, dan terlihat menarik. Logo dan tagline juga umumnya harus Anda buat sejelas mungkin.

Cara Melakukan Audit User Experience dalam SEO

User Expererience dalam SEO

Jawaban simplenya adalah dengan run a UX audit. Ada dua cara. Yang pertama dengan menggunakan Google Suite’s Tools untuk secara langsung mengukur UX experience situs Anda atau yang kedua dengan menggunakan Google Analytics 

Mari mulai dari cara pertama :

  1. PageSpeed Insight : Anda bisa menggunakan tools ini untuk mengukur kecepatan situs Anda. Situs ini juga akan memunculkan hasil Core Web Vital
  2. Mobile-Friendly Test Tools : Tools yang ada di dalam Google Search Console ini memungkinkan Anda untuk mengecek dan mengukur mobile friendliness dari sebuah situs.
  3. AMP Page Experience : Jika Anda menggunakan AMP untuk meningkatkan loading situs Anda, Anda bisa menggunakan tools ini untuk mengukurnya
  4. Lighthouse : Lighthouse adalah tools dari Google yang berguna untuk web developer yang mencakup sejumlah metrik yang bisa digunakan web developers
  5. Core Web Vitals : Seperti yang telah disebutkan, Anda bisa mengetes core web vitals situs Anda dengan tools pageSpeed pada nomor satu. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tools Google Search Console atau Chrome User Experience Report
  6. Search Console UX Report : Laporan dari tools ini akan mencakup semua hal mengenai user experience situs Anda.

User Experience dalam SEO

Bagaimana dengan cara yang ke dua (menggunakan Google Analytics)?

  1. Bounce Rate : Bounce rate adalah persentase orang yang mengklik halaman Anda lalu keluar dari halaman tersebut tanpa mengklik ke halaman yang lain Ini bisa memiliki arti. Yang pertama karena situs menyediakan informasi yang lengkap sehingga tanpa membaca seluruhnya sudah menemukan jawabannya atau karena sebaliknya
  2. Time On Page : Merupakan jumlah waktu seseorang berada dalam halaman situs Anda yang lebih spesifik. Cara terbaik untuk track time on page adalah dengan Event Tracking atau Google Tag Manager
  3. Pages per Visit : Ini adalah jumlah halaman yang seseorang akses. Semakin banyak pageviews maka itu artinya semakin bagus serta mampu mengidentifikasikan bahwa user experience juga bagus
  4. Dwell Time : Ini adalah kondisi untuk mengetahui berapa lama seseorang mengunjungi situs Anda setelah mereka melakukan melakukan klik pada SERPs. 
  5. Organic Click-Through Rate (CTR) : Merupakan berapa persentase orang yang melihat halaman pada situs Anda lalu melakukan klik (yang mana merupakan konversi dari SERPs). Anda dapat melihat laporan kinerja di Google Search Console.
  6. Goal Completion : Merupakan seberapa banyak orang yang mencapai sasaran atau target konversi situs Anda. 

Kesimpulan

Jadi, user experience dalam SEO memiliki peranan yang penting sehingga Anda harus terus meningkatkannya dari waktu ke waktu. Jika Anda tidak ingin repot untuk mengelolanya, Anda bisa menggunakan Jasa SEO Website.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.