Apa Tugas Seorang SEO Specialist? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Tugas SEO Specialist

Sebuah bisnis yang memilih mempromosikan bisnisnya di internet menggunakan website perlu merekrut SEO specialist untuk mengoptimasikan website bisnis tersebut. Tapi, memangnya tugas SEO Specialist itu saja? Atau ada yang lainnya? Mari kita bahas pada artikel yang satu ini.

Apa Itu SEO Specialist?

Seperti namanya, search engine optimization berarti mengoptimasikan situs di mesin pencari. Secara sederhana, SEO Specialist dapat diartikan sebagai orang yang mengoptimasikan sebuah situs sehingga situs tersebut berada di halaman satu SERPs. Pada dasarnya, pekerjaan SEO Specialist bertanggung jawab untuk mengatur strategi konten yang akan di post. Mereka harus memastikan konten tersebut mengandung kata kunci yang tepat dan penempatan kata kuncinya harus pas.

Tak hanya itu saja, seorang SEO specialist juga harus memiliki skill di bidang copywriting, desain layout, bahkan sedikit bahasa pemrograman. Terkadang, seorang SEO Specialist juga menangani penayangan iklan berbayar di Google. Meskipun pada beberapa perusahaan ada bagian tersendiri untuk menangani iklan.

Skill yang Dibutuhkan

SEO Specialist

Jika Anda berminat untuk berkarir sebagai SEO specialist, Anda harus memiliki minat yang tinggi di dunia digital marketing serta berkomitmen untuk mengikuti perkembangan teknologi dikarenakan bukan hal yang perlu dirahasiakan lagi jika digital marketing sangat bergantung pada teknologi. 

Selain itu, Anda juga dituntut untuk kritis terhadap perubahan algoritma Google. Sebab, dalam SEO tidak ada ilmu pasti. Cara pengoptimasiannya bisa berbeda – beda tergantung algoritma. Sedangkan untuk algoritma sendiri, ketika mengubahnya, Google bisa saja melakukan perubahan algoritma ini kapan saja tanpa melakukan pemberitahuan sebelumnya.

Google juga memiliki Google ranking factor untuk menilai sebuah situs apakah cocok untuk berada di halaman satu Google atau tidak. Ini juga harus di pahami oleh seorang SEO specialist. Tak hanya itu saja, seseorang yang ingin menjadi SEO Specialist juga harus mengerti mekanisme seorang konsumen dalam menemukan situs Anda.

Tugas Seorang SEO Specialist

Tugas SEO Specialist

  1. Menjalankan pengujian, mengumpulkan dan menganalisa data untuk keperluan SEO agar mencapai ROI yang maksimum
  2. Menganalisa situs website maupun kampanye berbayar
  3. Mengelola anggaran untuk kampanye
  4. Mengoptimasikan landing page untuk keperluan SEO atau iklan berbayar
  5. Terus melakukan penemuan kata kunci 
  6. Research segala sesuatu yang berhubungan dengan SEO
  7. Menyusun strategi dan mengeksekusi link building untuk keperluan SEO
  8. Menyusun konten untuk optimasi website
  9. Mengevaluasi situs dan memperbaiki jika ada bagian yang kurang menguntungkan dari segi SEO
  10. dan lain sebagainya

Ini baru sebagian dari tugas dan tanggung jawab seorang SEO Specialist Pada kenyataannya, tugas SEO Specialist jauh lebih kompleks dari pada hal yang tertera di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.