Pernahkah Anda mendengar istilah TrustRank? Sebenarnya apa itu TrustRank, Apakah TrustRank dan SEO memiliki hubungan? Apakah salah satu hal ini masih berlaku hingga sekarang? Nah pada artikel yang satu ini, mari kita cari tahu tentang topik yang satu ini hingga tuntas. Ketahui dari pengertiannya terlebih dahulu.
Apa itu TrustRank Google?
Google TrustRank membantu Google serta mesin pencari yang lainnya untuk “memerangi” spam website. Secara khusus, TrustRank mengukur “trust signal”. Trust signal ini membantu mereka mengevaluasi apakah sinyal perangkat ini (seperti link dan juga konten) sah sesuai pedoman yang berlaku atau tidak.
TrustRank sendiri awalnya dibuat oleh Yahoo! serta beberapa engineer dari Stanford. Namun, Google pada saat itu mengungkapkan jika TrustRank juga merupakan salah satu elemen yang penting pada algoritma yang mereka miliki.
Bagaimana TrustRank Google Bekerja?
Algoritma TrustRank memungkinkan search engine untuk mengidentifikasi situs web spam dengan lebih baik. Pada dasarnya, TrustRank memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan PageRank karena fokus di sini juga berdasarkan backlink yang di tautkan. Namun, bedanya jika PageRank lebih fokus ke jumlah, TrustRank juga fokus dari mana tautan tersebut berasal.
Google menentukan TrustRank dengan memeriksa secara manual situs – situs yang mereka anggap sebagai situs yang tidak akan melakukan spam dan kontennya bisa dipercaya 100%. Contoh website tersebut misalkan website universitas, pemerintah dan yang lainnya. Nah Google akan melihat link keluar dari situs – situs ini dan merekamnya.
Situs yang menerima tautan dari situs – situs yang terpercaya tadi, akan memiliki TrustRank yang tinggi. Jika link tersebut di hapuskan maka trustrank pada situs yang di tautkan tadi akan menjadi berkurang.
Bagaimana Cara Google Menggunakan TrustRank?
Dari pernyataan di atas, tentu Anda sudah dapat menyimpulkan bahwa ada sedikit hubungan antara TrustRank Google dan SEO. Ya, karena ini masih ada hubungannya dengan backlink yang mana backlink sendiri merupakan bagian dari SEO Off Page. TrustRank dapat diwarisi dari sisi ke sisi, bagaimana maksudnya?
Misalkan saja situs website Anda mendapatkan backlink dari situs yang memiliki trustrank yang tinggi maka trustrank juga akan meningkat. Sebaliknya, jika situs website dengan TrustRank yang buruk merujuk ke situs Anda atau sebaliknya situs Anda merujuk ke situs website yang buruk, hal ini akan mengurangi trustrank Anda. Nah, namun tenang saja, Google menyediakan Google Disavow yang memungkinkan Anda menghapus backlink yang kurang berkualitas.
Nah itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang TrustRank Google dan SEO. Semoga dengan memperhatikan hal ini, tujuan SEO Anda bisa tercapai.