10 Tips Beriklan di Google Ads Agar Sukses

 

Terkadang, fungsi Google Ads yang banyak kerap membuat banyak orang terdorong untuk menggunakan layanan iklan berbayar dari Google Ads. Namun, bagi pemula Anda juga perlu untuk banyak banyak membaca tips beriklan di Google Ads. 

Ya, sebagian banyak orang masih beranggapan bahwa beriklan di Google “sedikit merepotkan.” Hal ini tak lain dan tak bukan karena jika beriklan di Google Ads kita perlu memperhatikan beberapa hal serta mengatur strategi dalam beriklan di Google Ads.

Bagi pemula, membaca banyak referensi tips beriklan di Google Ads tentu akan sangat membantu menyusun strategi yang dibutuhkan saat beriklan sehingga besar harapan target pemasaran bisa tercapai. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda jalankan untuk membantu suksesnya iklan Anda di Google Ads. Apa sajakah itu?

Tips Beriklan di Google Ads

Apa Tujuan Anda Beriklan?

Setiap iklan tentu memiliki tujuan berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Ini merupakan langkah yang penting dikarenakan langkah awal ini bisa berdampak pada hasilnya nanti. Sebagai contoh, ketika tujuan iklan Anda meningkatkan penjualan maka teknik copywriting yang digunakan banyak kata kata yang mempengaruhi untuk membeli sesuatu yang diiklankan oleh Anda.

Pilih Kata Kunci yang Tepat

Dalam cara kerja Google Ads, Google akan menampilkan iklan berdasarkan kata kunci yang diketikkan oleh pengguna. Apa saja kata kunci yang berhubungan dengan apa yang Anda akan iklankan, maka itulah kata kunci yang tepat untuk digunakan. Kini, banyak tools – tools yang digunakan untuk mempermudah step ini. Salah satu contoh toolsnya yakni ubersuggest.

Buat Teks yang Menarik

Siapa bilang teks tidak berpengaruh banyak dalam beriklan? Nyatanya ketika beriklan di Google Ads, membuat teks yang menarik memiliki peranan yang penting. Maksudnya teks yang menarik itu bagaimana? Teks yang menarik tidak perlu panjang – panjang sampai segala informasi produk dicantumkan. Cukup tampilkan manfaat atau kegunaan produk saja yang dikemas dengan teknik copywriting yang bagus.

Landing Page dan Iklan Harus Sesuai

Ketika judul dan deskripsi sebuah iklan tidak sama dengan landing page-nya maka audiens akan merasa “sedikit tertipu” sehingga enggan untuk melakukan konversi dan langsung pergi meninggalkan landing page Anda. Kalau begini bukannya sia – sia? Ketika iklan dan landing page relevan maka tingkat kepercayaan konsumen kepada bisnis kita akan meningkat, bahkan pembeli bisa membelinya langsung di landing page Anda.

Mengoptimalkan Landing Page

Tips beriklan di  Google Ads yang selanjutnya adalah mengoptimalkan landing page yang dimiliki. Mengapa optimasi landing page itu perlu? Hal ini dikarenakan landing  page merupakan awal seorang pembeli untuk melakukan pembelian. Pada intinya, landing page harus mampu memuat informasi yang menarik serta menggiring audiens untuk melakukan pembelian atau goals yang lainnya.

Membuat Iklan yang Mobile Friendly

Sebagian besar pengakses atau pengguna Google adalah pengguna smartphone, untuk itu Anda perlu untuk membuat iklan yang mobile friendly. Dengan mendesain iklan yang mobile friendly, pengguna smartphone tidak akan kesusahan untuk mengakses informasi yang ada pada web atau landing page Anda.

Tentukan Bid yang Tepat

Strategi Bidding Google Ads memiliki peranan yang penting dalam beriklan di Google. Bid atau Bidding sendiri merupakan penawaran harga per klik untuk iklan Anda. Karena berhubungan dengan biaya, Anda perlu mengatur bidding sedemikian rupa agar apa yang didapat sebanding dengan apa yang dikeluarkan. 

Lakukan A/B Testing

A/B Testing bisa menjadi cara terbaik untuk menentukan jenis iklan yang paling efektif demi mencapai tujuan yang telah ditentukan di awal tadi. Pengetesan ini dilakukan satu per satu atau bisa juga dilakukan sekaligus mulai dari desain, copywriting, bidding dan yang lainnya.

Lakukan Retargeting

Secara sederhana, retargeting merupakan penawaran kembali pada pengunjung yang sudah berinteraksi pada website Anda namun si pengunjung ini belum melakukan pembelian. Retargeting menjadi strategi beriklan yang cukup ampuh dikarenakan conversionnya bisa sampai 60%.

Evaluasi Performa

Penting sekali untuk memantau iklan yang ditayangkan. Mengapa demikian? Hal ini karena jika ada iklan yang kurang efektif maka Anda bisa menghentikannya saat itu juga. Mengukur performa iklan di Google Ads bisa menggunakan tools bernama Google Analytic. Gunanya apa saja? Tools ini berguna untuk memantau jumlah klik, data pengunjung yang masuk, berapa pengunjungnya dan yang lainnya.

Itulah tips beriklan di Google Ads bagi pemula. Lakukan tips ini agar bisa mencapai tujuan iklan yang diinginkan ya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.