Struktur Internal Link dalam SEO yang Bagus Bagaimana?

Struktur Internal Link dalam SEO

Sebagai seseorang yang mengoptimalkan situs Anda dengan Search Engine Optimization, tentu saja Anda harus paham dengan struktur internal link dalam SEO. Ya, meskipun SEO tidak bisa membuat situs berada di halaman satu Google dengan cepat seperti Google Ads, namun SEO masih menjadi andalan karena bisa berdampak panjang yang baik bagi sebuah bisnis. Kembali lagi membahas internal link, memangnya bagaimana strukturnya? Nah pada artikel kali ini, mari kita bahas mengenai struktur internal link dalam search engine optimization. Simak selengkapnya ya!

Apa itu Internal Link SEO

Internal link adalah salah satu unsur dalam optimasi SEO On Page. Link jenis ini mampu mendongkrak posisi website di mesin pencari jika dilakukan dengan benar. Internal link SEO sendiri memiliki arti sebuah hyperlink yang mengarah ke postingan atau halaman yang masih satu domain. Internal link memiliki beberapa jenis. Apa sajakah itu?

Jenis – jenis Internal Link dalam SEO

Internal Link dalam Menu Navigasi

Setiap situs harus memiliki menu navigasi. Hal tersebut mempermudah user untuk menuju ke halaman yang diinginkan. Penempatan navigasi sendiri antara yang satu dengan yang lainnya. Namun dimanapun penempatannya, menu navigasi mengandung internal link.

Internal Link dalam SEO

Jenis internal link yang kedua adalah link yang terletak di dalam artikel. Link jenis ini disebut juga dengan link kontekstual. Ini adalah jenis internal link yang paling banyak digunakan. Dinamakan kontekstual link karena letaknya di dalam sebuah tulisan dan relevan dengan konteks suatu halaman. Internal link tipe ini bermanfaat untuk memperlama waktu kunjungan user pada sebuah situs. 

Internal Link di Layout Secara Umum

Jenis internal link yang selanjutnya adalah internal link yang tidak terletak pada menu navigasi dan pada internal link. Umumnya link ini ditempatkan pada bagian sisi kanan atau kiri sebuah halaman website maupun bagian yang lainnya.

Mengapa Membangun Internal Link itu Penting?

Struktur Internal Link dalam SEO

Menggambarkan Struktur Website

Alasan pertama mebangun struktur internal link yang baik adalah untuk menggambarkan struktur website. Link umumnya tersusun secara hirarki mulai dari homepage, kategori tiap konten serta yang lainnya. Dengan struktur internal link dalam SEO yang baik bisa memahami struktur hirarki dari sebuah konten.

Menghubungkan Konten – konten yang Sejenis

Dengan membubuhkan internal link, lebih tepatnya konten yang di dalam artikel bisa membuat konten – konten yang sejenis bisa terhubung antara satu dengan yang lainnya. Tak hanya membuat pengunjung betah berlama – lama membaca konten Anda, ini juga membantu Google untuk mengetahui isi dari konten yang Anda miliki. Dengan demikian, kemungkinan untuk ditempatkan di mesin pencari pun akan semakin besar.

Membangun Prioritas Halaman

Situs web bisa saja memiliki ratusan atau bahkan ribuan halaman. Agar halaman tersebut bisa ditemukan di internet maka harus ada halaman yang menuju ke halaman yang lainnya baik dari internal link maupun external link. Jumlah inbound link antara yang satu dengan yang lainnya memiliki jumlah yang berbeda. Semakin banyak jumlah inbound linknya maka semakin penting pula keberadaannya.

Cara Membuat Struktur Internal Link yang Bagus

Gunakan Anchor Text untuk Internal Link

Anchor Text merupakan sebuah kata – kata yang Anda link-kan sehingga ketika pengguna melakukan klik maka akan diarahkan ke halaman tujuan. Anchor Text mampu membantu mesin pencari untuk memahami apa isi dari halaman target. Untuk itu, sebaiknya gunakan kata kunci sebagai anchor text.

Minimalkan Duplikat Link

Terkadang, memiliki banyak link yang menuju halaman yang sama memang tidak bisa dihindarkan. Sebagian besar situs memiliki setidaknya dua internal link ke halaman, yang pertama berada di logo dan yang kedua berada di tulisan “home”. Nah untuk itu penting menjaga struktur internal link dengan mengurangi jumlah link yang menuju ke halaman yang sama. Nah jika sudah ada tautan link ke home berjumlah dua, umumnya Anda tidak akan menjadikannya lima dengan kontekstual link bukan?

Merancang Struktur Website yang Bagus

Ini juga menjadi salah satu hal penting dalam membangun struktur internal link dalam SEO. Ini ada hubungannya juga dengan navigasi. Anda harus menyusun topik mana saja ingin Anda jadikan fokus utama.

Struktur Internal Link

Menentukan Konten yang Paling Penting

Berikutnya, Anda harus menentukan mana konten yang paling ingin Anda tonjolkan dalam situs Anda. Konten yang paling penting umumnya memiliki traffic yang besar dan banyak user kunjungi. Konten ini harus di support oleh internal link lainnya dan peletakannya juga harus jelas sehingga user tidak perlu terlalu “dalam” menemukan konten ini.

Membuat Banyak Konten Turunan

Setelah menemukan mana konten yang paling penting dan ingin ditonjolkan, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah membuat konten – konten turunannya lalu melakukan internal link ke konten yang ingin ditonjolkan. Mungkin memang Anda harus rutin update konten dan pastinya ini membuat konten pasti ada saja kehabisan ide. Untuk itu, Jasa Penulis Artikel SEO siap membantu Anda.

Internal Link Haruslah Relevan 

Internal link yang tertaut di suatu postingan sebaiknya memiliki relevansi. Google akan memberikan nilai yang bagus ketika internal yang satu dengan yang lainnya memiliki relevansi.

Berapa Jumlah Internal Link dalam SEO yang Wajar?

Situs yang tidak memiliki internal link sama sekali akan membuat pengalaman pengguna atau user experience menjadi menurun atau tidak bagus. User akan kesulitan untuk menemukan topik – topik yang relevan. Namun, bukan berarti semakin banyak internal link di dalam suatu laman maka akan semakin bagus, ini palah akan membuat user jengkel. Jadi berapa yang wajar? Tidak ada aturan berapa sebuah internal link yang wajar di dalam sebuah laman. Anda bisa menyesuaikan dengan panjang suatu konten.

Nah itulah struktur konten internal link dalam SEO. Semoga, dengan adanya artikel ini bisa membuat website Anda semakin bagus lagi SEO nya. Jika Anda rasa membuat struktur SEO menyusahkan, Anda bisa mempercayakan pada Jasa SEO. Kini, Jasa SEO tersedia di kota kota besar seperti Jasa SEO Jakarta, Jasa SEO Jogja, Jasa SEO Semarang dan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.