Serba Serbi Plugin Yoast

Plugin Yoast

Plugin Yoast adalah salah satu plugin yang cukup terkenal bagi para pemilik website terutama yang mengoptimalkan websitenya menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Nah pada artikel ini, kita akan sama – sama mencari tahu tentang plugin Yoast SEO dan segala serba – serbinya.

Apa itu Yoast SEO Plugin?

Yoast SEO adalah plugin WordPress yang digunakan untuk “membenahi” rangking website Anda sehingga bisa berada di halaman pertama Google atau setidaknya digunakan untuk meningkatkan ranking website Anda. Itu berarti, jika Anda menggunakan Yoast, Anda berusaha mewujudkan tujuan utama SEO. Yoast akan membantu Anda untuk mengoptimasi konten dan juga keyword dalam posting website Anda. 

Sejak kehadirannya pada tahun 2008, Yoast telah membantu lebih dari ribuan website untuk berada di halaman satu Google. Ya, keberadaan plugin SEO yang satu ini memang sangat membantu para pemilik website sehingga tak heran jika penggunanya ada banyak sekali.

Dengan menggunakan Yoast, Anda sangat memungkinkan untuk menganalisis SEO lebih mudah. Anda bisa menambah title tag dan juga meta tag, bahkan bisa menganalisa bagaimana sebaran kata kunci yang bagus dalam sebuah website. 

Apakah Yoast berbayar? Yoast memiliki dua versi. Ada yang berbayar dan juga ada yang bisa Anda gunakan secara gratis. Untuk Anda yang baru saja ingin mencobanya, versi gratis sudah sangat membantu sekali kok. 

Keuntungan Menggunakan Plugin Yoast

Fokus Frasa Kata Kunci

Fokus keyword adalah sebuah kata kunci yang ingin Anda buat posisinya berada di halaman pertama Google. Untuk mengetahui fokus kata kunci, Anda harus melakukan riset kata kunci terlebih dahulu. Gunakan tools yang bisa membantu proses riset ini. Contohnya saja Google Keyword Planner. Dengan menggunakan Yoast SEO, Anda bisa tahu letak keyword fokus yang tepat. Umumnya, jika terlalu berlebihan memberi fokus keyword, Yoast akan memberikan “sign” berupa warna orange atau merah. 

Google Preview

Anda juga bisa melihat preview postingan Anda yang akan ditampilkan dalam Google. Anda bisa mengedit SEO Title (site title atau page title) serta meta descriptions dari page tersebut. Agar bisa berada di halaman satu Google, jangan lupa untuk menyisipkan kata kunci pada SEO title dan juga meta descriptions nya. 

Readability

Google atau search engine lainnya tidak hanya berfokus pada keyword saja. Mereka juga fokus kepada apa yang akan pembacanya dapatkan sehingga Google sangat suka dengan konten – konten yang unik, bermanfaat, dan juga human friendly. Yoast akan membantu untuk menganalisa readability page yang akan Anda post. Dengan demikian, Anda bisa memberikan konten terbaik untuk pengguna Anda dan berpeluang untuk berada di halaman satu Google.

Cara Setting Yoast SEO

Transfer Data

Jika ingin plugin yang satu ini bekerja secara maksimal, maka pastikan setting SEO sebelumnya sudah dipindah ke Yoast plugin sebelum menonaktifkannya. Lalu lakukan transfer settingan tersebut. Anda bisa menggunakan plugin SEO yang lain seperti SEO Data Transported by Studio Press. 

General

Pada menu general, Yoast SEO memiliki empat tabs untuk melakukan konfigurasi. Tab tersebut yakni dashboard, features, integrations, dan webmastertools. 

Tab Dashboard

Pada tab ini, akan menampilkan link untuk melakukan konfigurasi SEO workout. masalah terkait SEO dan notifikasi yang berisi saran dalam meningkatkan SEO. Lakukanlah pengaturan ini sebelum Anda melakukan optimasi.

Tab Features

Setidaknya, Yoast memiliki 10 fitur utama yang bisa diaktifkan dan bisa dinonaktifkan jika Anda rasa Anda tidak memerlukannya. SEO Analysis digunakan untuk menganalisa SEO website Anda, Readability untuk mengalisa keterbacaan, cornerstone content digunakan untuk menentukan konten utama,  text link counter digunakan untuk melihat jumlah link pada artikel, XML sitemaps digunakan untuk membuat XML sitemaps, admin bar menu untuk menampilkan menu Yoast SEO, security untuk menyembunyikan pengaturan selanjutnya pada author, user tracking digunakan untuk mengizinkan plugin author dalam melacak penggunaan data, Rest API untuk mengambil data SEO spesifik, enhanced slack sharing untuk menambah baris author. 

Tab Integrations

Untuk membantu proses pengoptimalan website Anda, Plugin Yoast menawarkan untuk mengintegrasikan dengan pihak produk ke tiganya yaitu SEMRush dan juga Ryte. Kedua tools ini digunakan untuk mengoptimasi konten Anda. Anda boleh untuk mengaktifkannya dan boleh tidak. 

Tab Webmaster Tools

Agar website jauh lebih mudah untuk ditemukan di mesin pencari, Anda bisa melakukan verifikasi website dengan memasukkan sejumlah kode dari berbagai webmaster tools seperti milik Google, Bing dan yang lainnya. 

Search Appearance

Tab General

Pada tab plugin SEO Yoast yang satu ini, Anda bisa memilih pemisah atau separator yang digunakan untuk memisahkan antara judul dan juga nama website. Ada juga pengaturan homepage untuk mengatur SEO Title dan pratinjau sosial media. Di bawah pengaturan homepage ada pengaturan knowledge graph & schema org.

Tab Content Types

Pada tab ini, Anda bisa memilih atau membuat SEO title dan meta deskripsi yang bisa digunakan sebagai default setiap konten Anda. 

Tab Media

Pada tab ini, Anda tidak perlu mengubah apapun. Biarkan seperti awalnya saja.

Tab Taxonomies

Pada tab ini, Anda bisa melakukan konfigurasi title dan meta untuk kategori, tag, dan format. Kami sendiri hanya mengaktifkan pada bagian kategori saja.

Tab Archives

Tab ini memungkinkan Anda untuk mengatur arsip konten – konten website Anda. 

Breadcrumbs

Salah satu ciri website yang berkualitas adalah website yang memiliki breadcrumbs. Oleh karena itu, Yoast memiliki fitur ini agar bisa ditambahkan pada website Anda. 

Tab RSS

Rss Feed kerap digunakan oleh “pencuri” konten untuk mencuri sebuah konten di website yang lainnya dan tidak memberikan backlink pada konten asli. Oleh karena itu, Yoast memiliki fitur setting RSS yang akan menambah backlink pada bagian awal atau akhir setiap postingan RSS. 

Social

Tab Accounts

Pada tab ini, masukkan URL profil sosial media yang Anda miliki. Jika Anda sudah mengisinya dengan menggunakan link akun sosial media ini jangan lupa untuk klik save changes. 

Tab Facebook

Pada tab yang satu ini, pastikan Anda mengaktifkan Open Graph Meta Data agar Facebook bisa menampilkan preview berupa gambar ataupun text jika Anda membagikan postingan website. Lakukan pengaturan ini pada Tab Twitter dan juga Tab Pinterest.

Tools

Pada menu tools, terdapat beberapa pengaturan yang bisa diatur. Beberapa diantaranya adalah import dan export, file editor, bulk editor, dan optimize SEO data.

Import dan Export

Dengan adanya fitur ini, Anda sangat mungkin untuk melakukan import dan juga eksport data dari atau ke plugin SEO yang lainnya. 

File Editor

Pada WordPress, ada dua file konfigurasi yang memiliki pengaruh besar pada SEO yakni .htaccess dan robots.txt. Plugin Yoast memungkinkan Anda untuk mengedit kedua file tersebut dengan mudah. 

Bulk Editor

Yoast SEO memungkinkan Anda untuk mengedit site title dan meta descriptions secara cepat pada semua blog post menggunakan fitur bulk editor. 

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai Plugin Yoast. Semoga, dengan adanya hal ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan ranking website Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.