Perhitungan Daily Budget Dalam Google Ads

Daily Budget Google Ads

Bagi Anda yang ingin melakukan promosi bisnis, Google Ads merupakan tempat yang paling efektif dan efisien untuk sekarang ini. Mengenai masalah biaya, Anda tidak bisa mengukurnya hanya dengan murah dan mahal, karena ada rumus untuk perhitungan daily budget dalam iklan Google Ads. Dengan kata lain, Anda dapat mengendalikan anggaran iklan sesuai dengan kebutuhan.

Anda bisa menetapkan batas anggaran, sehingga pengeluaran tidak akan lebih dari anggaran yang telah Anda tentukan. Terlebih lagi, Anda juga bisa menghentikan sementara waktu iklan Anda jika ingin memberi jeda. 

Daily budget dalam Google Ads merupakan jumlah rata-rata yang bisa Anda tentukan untuk setiap iklan Anda per harinya. Anda dapat menentukan jumlah anggaran setiap harinya selama satu bulan saat Anda memasang iklan. Jumlah anggaran ini dapat Anda sesuaikan pada setiap campaign iklan berdasarkan target dan jumlah rata-rata harian. Namun, Anda tetap dapat mengubah anggaran ini kapanpun Anda mau.

Rumus dan Rincian Biaya Google Ads

Jika Anda ingin memulai promosi bisnis dengan menggunakan iklan, kami akan menjelaskan beberapa hal penting untuk merencanakan perhitungan daily budget dalam Google Ads

Pencarian Kata

Relevansi dan jumlah pencarian kata akan mempengaruhi biaya iklan Anda pada Google Ads. Semakin tinggi kata yang dicari, semakin tinggi pula harganya. Namun dengan semakin intens keyword Anda dicari orang, semakin efektif pula iklan yang Anda pasang.

Biaya Per Klik

Anda juga bisa menentukan biaya per klik dari keyword atau kata kunci yang diberi saran oleh Google.

Keyword Atau Kata Kunci

Setiap keyword punya harga yang berbeda. Jika kata kunci yang Anda gunakan semakin bagus, maka biaya iklan Anda juga akan makin tinggi. Jadi, Anda dapat memilih kata kunci dengan tingkat pencarian yang tinggi. Sehingga, iklan Anda potensial menempati tingkat paling atas pada mesin pencari Google. Meskipun harga yang harus Anda bayar lebih mahal dari kata kunci biasa, tapi iklan Anda akan efektif. Jadi, tidak perlu ragu untuk menggunakan kata kunci sesuai dengan yang disarankan. Untuk mengetahui mana kata kunci yang efektif, Anda bisa menggunakan tools Google Keyword Planner

Click Through Rate

Click through rate atau biasa dikenal juga sebagai CTR adalah jumlah klik pada tayangan iklan. Jadi misalnya jika iklan yang tayang adalah 100, ketika para pengunjung yang klik ada 10 orang, maka CTR sebesar (10/100)x100=10%. 

Jika Anda ingin menghitung rincian biaya Google Ads, cara mudah kok. Anda hanya perlu mengikuti rumus perkiraan budget ads = volume penelusuran bulanan x biaya per klik x CTR. Cukup mudah, kan?

Daily Budget Google Ads

Rekomendasi Dari Google Ads

Google Ads juga bisa merekomendasikan anggaran untuk campaign yang sudah beberapa kali mencapai budget harian rata-rata dan berpotensi mendapatkan klik dan tayang dalam jumlah lebih banyak. Google akan memberi optimasi campaign sehari-sehari jika Anda mendapatkan klik dan juga konversi.

Pada waktu-waktu tertentu, Anda mungkin tidak akan mencapai daily budget rata-rata. Namun di lain waktu, bisa saja anggaran hariannya lebih tinggi dari biasanya. Kalau hal ini kejadian pada Anda, jangan cemas. Biaya yang harus Anda bayarkan tidak akan melampaui batas belanja harian yang telah Anda tentukan.

Akan tetapi, Anda tetap harus memeriksa akun Anda dengan rutin. Dengan demikian, Anda bisa menemukan campaign yang terbatas oleh anggaran dan juga dana yang masih tersisa. Jika terdapat anggaran terbatas pada iklan Anda, maka klik dan tayang akan berjumlah lebih sedikit dibandingkan dengan yang seharusnya Anda dapatkan.

Di samping itu, Anda juga bisa mengubah perhitungan daily budget dalam Google Ads kapanpun Anda inginkan. Anda hanya perlu untuk masuk ke akun Google Ads Anda dan membuka menu Campaign yang ingin Anda ubah. Pada menu anggaran, klik ikon   dan Anda bisa memasukkan budget baru sesuai keinginan Anda. Setelah itu, klik simpan dan anggaran Anda pun akan berubah.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Daily Budget Dalam Google Ads?

Budget untuk iklan memang pastinya terbatas. Pastinya Anda pun ingin memaksimalkan pengeluaran Anda untuk iklan seminimal dan seefektif mungkin. Akan tetapi, semakin kecil budget yang Anda keluarkan, semakin jarang pula iklan yang akan tayang. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda untuk mengoptimalkan daily budget Google Ads melalui tips di bawah ini.

Memperhitungkan Budget Sesuai dengan Rekomendasi

Google Ads akan memberi Anda rekomendasi mengenai anggaran yang berpotensi mendapat banyak klik dan tayang. Rekomendasi ini bisa Anda ikuti untuk memperkirakan anggaran yang sesuai dengan iklan Anda.

Mengurangi Bid Untuk Campaign yang Dibatasi Anggaran

Jika campaign Anda memiliki tanda “dibatasi anggaran”, Anda bisa mengurangi sedikit bid agar mendapat klik lebih banyak. Dengan begitu, harga yang Anda bayar ketika ada pengunjung yang klik iklan Anda akan lebih murah. 

Dengan begitu, budget Anda akan bertahan lebih lama, sehingga kliknya pun akan lebih banyak dari waktu ke waktu. Akan tetapi, jangan sampai Anda mengurangi bid terlalu banyak. Jika tidak, klik akan malah menjadi sedikit ketika tawaran Anda sudah tidak lagi kompetitif. 

Mengikuti Bid Otomatis Sesuai Anjuran Google

Kalau Anda masih bingung, Anda bisa mengikuti bid otomatis sesuai anjuran Google. Bid otomatis ini memang dirancang untuk menaikkan klik dan konversi. Jadi, Anda bisa terbantu dengan bid otomatis tersebut.

Perhitungan daily budget untuk Google Ads memang terdengar rumit. Tapi ketika Anda jalankan, pasti akan terasa lebih mudah kok ketika sudah terbiasa. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.