Google adwords dan Google Adsense, keduanya adalah produk Google, yang berkaitan dengan produk periklanan.
Untuk mengetahui perbedaan keduanya, baiknya, kita definisikan dulu masing – masing produk itu, dengan bahasa sehari – hari saya yang saya gunakan.
Google adwords adalah program Google yang memampukan kita beriklan di Google, dan melalui Google.
Jadi, kalau Anda ingin memunculkan iklan di search engine Google agar website anda muncul di atas pencarian, atau Anda ingin iklan anda muncul di Youtube, atau ingin ingin iklan Anda muncul di website tertentu, atau Anda ingin aplikasi yang Anda bikin dipromosikan agar banyak didownload orang, maka Anda harus menggunakan Google Adwords. Sebenarnya banyak channelnya. Namun, intinya Anda bayar ke Google untuk keperluan promosi Anda.
Di Google Adwords ini, paling tidak iklan Anda bisa muncul di:
- search engine (berupa text)
- di halaman / video youtube (berupa text, gambar , video)
- di halaman website yang tergabung dalam jaringan Google (berupa text, gambar)
Sedangkan Google adsense adalah program Google, yang membuka kerjasama dengan publisher -termasuk adalah blogger, youtuber – agar mendapat bayaran dengan bergabung dengan Google.
Misalnya saya punya blog dengan kunjungan harian mencapai 10.000 per hari. Saya daftarkan ke Google Adsense. Jika disetujui, maka, iklan akan muncul di website saya. Yaitu iklan yang ingin dipromosikan user melalui program Google Adwords. Saya akan mendapat bayaran dari Iklan yang muncul di website saya ini.
Jadi, Google Adwords adalah user membayar Google. Google Adsense adalah user di bayar Google. Uang pengiklan akan digunakan Google untuk membayar peserta Google Adsense itu.
Sebagai info, saat ini, program Google Adwords adalah pintu masuknya uang yang paling besar ke Google. Sehinnga Google bisa mengembangkan banyak fitur dan produk digital luar biasa yang dibagi gratis kepada pemakainya. Ambil contoh, Gmail, google map, android dll.
Semakin banyak orang memakai produk Google, maka Google akan semakin senang. Karena Google akan menyimpan semakin banyak data user yang detail, yang bisa digunakan sebagai targeting dalam periklanan. Ketika iklan berjalan bagus, tertarget, pengguna iklan akan senang, budget iklan bertambah, dan semakin senanglah Google karena pemasukan uang juga bertambah.
Begitu.