Google Ads adalah salah satu tools untuk keperluan digital marketing yang banyak dilakukan orang saat beriklan. Agar aktivitas iklan berjalan dengan maksimal, tentu kamu harus mengetahui penggunaan kata kunci yang tepat dalam Google Ads.
Seperti yang diketahui, aplikasi ini bekerja sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna internet di Google. Sehingga jika kata kunci tersebut dicari, maka iklan produk yang relevan akan tampil di halaman pencarian Google.
Cara Menggunakan Kata Kunci yang Tepat di Google Ads
Google Ads sendiri memiliki beberapa jenis pencocokan kata kunci yang tepat untuk beriklan. Apa saja itu?
Riset Kata Kunci
Langkah pertama, Anda perlu melakukan riset kata kunci yang tepat untuk mengetahui keyword apa saja yang relevan dan populer digunakan. Gunanya meriset kata kunci ini agar Anda bisa mengetahui penggunaan kata apa saja yang cocok untuk produk bisnis Anda.
Beberapa sumber terpercaya bisa Anda gunakan untuk mempelajari kata kunci yang tepat seperti Google Keyword Planner. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan kata kunci yang tepat dengan volume pencarian tertinggi.
Atur Kata Kunci
Langkah selanjutnya, Anda bisa mengatur kata kunci lebih spesifik agar sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. Selain itu, penggunaan kata kunci negatif juga perlu dilakukan untuk menghindari penayangan iklan yang tidak relevan.
Selanjutnya, anda juga perlu mengelompokkan kata kunci yang serupa ke dalam kelompok iklan yang terpisah. Ini membantu Anda untuk membuat iklan yang lebih relevan dan meningkatkan kualitas skor iklan.
Hindari Kata Kunci Umum
Penting untuk diingat saat menggunakan kata kunci di Google Ads adalah menghindari kata kunci umum. Meski kata kunci tersebut memiliki volume yang tinggi, namun juga sangat bersaing sehingga sulit untuk menjangkau audiens yang diinginkan.
Biasanya kata kunci umum juga kurang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini akan berpengaruh terhadap kurangnya minat audiens untuk melihat iklan Anda.
Pertimbangkan Lokasi atau Bahasa
Langkah selanjutnya adalah pertimbangkan dari segi lokasi dan bahasa yang digunakan dalam mencantumkan kata kunci iklan Anda. Hal ini sangat membantu untuk memastikan iklan produk Anda tersampaikan ke target audiens yang jelas.
Selain memperhatikan faktor lokasi dan bahasa, Anda juga bisa mempertimbangkan faktor budaya termasuk perbedaan geografis. Dengan mempertimbangkan hal ini, Anda dapat menjangkau target konsumen yang tepat serta meningkatkan konversi iklan Anda.
Lakukan Uji Pantau
Setelah kata kunci Anda atur sedemikian rupa, lakukan uji pantau kinerja dari keyword yang digunakan. Identifikasi masing-masing kata kunci tersebut mana yang menghasilkan konversi dengan baik dan mana penggunaan keyword yang tidak efektif.
Jika sudah mengetahui mana yang efektif, Anda bisa menghapus beberapa kata kunci yang tidak menghasilkan impresi. Kemudian atur penawaran yang tepat untuk penggunaan kata kunci yang berhasil.
Jasa Pasang Iklan Google Ads, Solusi Tingkatkan Konversi Produk Anda
Setelah mengetahui penggunaan kata kunci yang tepat dalam Google Ads, Anda sudah memahami lebih jauh bagaimana cara mengoptimalkan iklan di Google Ads melalui keywords yang digunakan. Mengingat dalam 1 iklan ada beberapa ad group yang dapat menampung puluhan kata kunci untuk optimasi iklan.
Agar kampanye iklan tersebut dapat berjalan dengan efektif, Anda bisa menggunakan jasa iklan yang handal dalam mengelola Google Ads. Dengan jasa ini, iklan Anda bisa menggunakan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan konversi iklan dari produk yang ditawarkan.