Memahami Google Adwords Untuk Bisnis Anda

Memahami Google Adwords Untuk Bisnis Anda

growing your business with adwords

Jika anda sekarang sudah mempunyai bisnis atau usaha? apa yang anda lakukan untuk mempromosikannya? Sudahkah mencoba Google AdWords? Mari kita bahas seberapa penting Google Adwords membantu meningkatkan bisnis anda.

Semisal saja, saat ini anda pemilik usaha rental mobil di Jogja atau di Bali yang merupakan daerah destinasi wisata populer di Jawa. Jika anda baru memulai usaha dan sudah memiliki beberapa mobil armada, maka langkah yang harus anda laukan adalah mempromosikan usaha anda.

Sebagai pemilik usaha anda pastinya akan mempersiapkan alat-alat promosi seperti flyer, atau bahkan memulai beriklan di koran. Dan satu lagi yaitu memiliki sebuah website mengenai jasa rental mobil Jogja anda. Sebagai daerah destinasi wisata, maka pengunjung wisata di Jogja kebanyakan adalah warga luar kota Jogja seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota-kota lainnya.

Pertanyaannya: Apakah website yang anda buat sudah mudah ditemukan calon konsumen anda?

Jika baru saja membuat website, saya yakin 100% website anda tak akan muncul di halaman pertama secara organik. Mengapa anda akan kalah dengan para pelaku usaha yang sama dengan anda yang telah lebih dulu mempunyai website rental mobil jogja.

Karena kota Jogja adalah daerah tujuan destinasi wisata, maka tentu saja anda harus menargetkan bahwa konsumen anda adalah mereka yang berada di luar kota Yogyakarta dan yang ingin berwisata di kota Jogja. Maka dari itu tentu saja website anda harus mudah ditemukan. Tetapi karena website anda baru saja dibuat, tentu tidak mungkin website anda berada di halaman pertama secara organik. Solusi paling tepat adalah dengan beriklan dengan Iklan Google Adwords

Mengapa penting beriklan di Google Adwords?

Coba anda bisa memulai berhitung jika anda tak menggunakan Google AdWords. Jika misalnya anda membuat flyer, dimana anda mau menempatkan . menyebar flyer tersebut? apakah menjangkau kota-kota di luar kota Jogja? Sementara target pasar anda adalah orang-orang di luar kota Jogja. Berapa kira-kira biaya yang harus di habiskan dalam membuat flyer.

Kemudian jika menggunakan iklan di koran, koran mana yang ingin anda pilih, mau berapa hari anda mau beriklan? Dan jika menggunakan billboard, dimana anda akan memasang billboard dan sudahkan anda tahu berapa biaya budgetnya?

Nah, sekarang coba anda mulai mengenal iklan Google AdWords. Katakanlah anda menyediakan budget iklan 1juta untuk sebulan, dan kira-kira budget iklan harian anda 30ribu/hari.  Jika biaya perklik anggaplah Rp.3000 maka dalam satu hari iklan mendapat klik sekitar 10x. Dan dari beriklan 1 bulan anda bisa melayani rental mobil hanya 10 kali. Jika keuntungan bersih jasa sewa mobil sekitar 200ribu, maka dikurangi biaya iklan anda senilai 1juta. Maka anda masih ada keuntungan bersih 1juta.

Tapi, tentu anda sebagai pelaku sudah mengetahui bahwa anda bisa mendapatkan komisi-komisi tak terduga dari kerjasama dengan partner-partner wisata. Perlu diketahui juga bahwa order yang anda terima bukan hanya sewa mobil saja, akan tetapi juga dengan paket-paket wisata dimana keuntungan lebih banyak. Jika sewa mobilpun tentu tak hanya sewa sehari, pastinya ada yang lebih dari satu hari.

Perhitungan itu hanya contoh saja, dan tentunya setiap masing-masing bisnis punya nilai tersendiri terkait dengan AdWords. Maka sebagai pengusaha apapun perlu dicoba untuk beriklan dengan Google AdWords. Dengan beriklan di Google AdWords maka anda juga bisa mengetahui potensi bisnis anda sendiri karena bisa mendapatkan data audience berdasarkan pencarian. Nah sudah bersiap untuk mencoba iklan Google AdWords?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *