Tak hanya memperhatikan SEO On Page, SEO Off Page, & Technical SEO saja, Anda sebagai pemilik situs atau penyedia layanan SEO juga harus mempertimbangkan penggunaan Local SEO. Sebuah situs memang memungkinkan Anda untuk menargetkan semua orang yang ada di internet, namun berbeda dengan lokal SEO yang hanya berfokus pada area lokal tempat website tersebut berdiri atau kota target sebuah bisnis.
Apa itu Local Search Engine Optimization?
Local SEO adalah strategi optimasi mesin pencari (search engine optimization) yang membuat website lebih bisa terlihat di pencarian lokal di Google (atau bahkan di search engine yang lainnya). Bisnis apapun umumnya memiliki lokasi fisik atau melayani area geografis tertentu sebagai target.
Jika Anda mencari kata kunci tertentu pada Google, umumnya Google akan menampilkan setidaknya 3 listingan bisnis pada bagian atas atau samping (peta). Ini adalah contoh nyata dari lokal SEO. Optimasi lokal akan begitu membantu Anda menjangkau customer terdekat Anda. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai lokal SEO, Anda juga sepertinya harus memahami tentang cara kerja dari Google terlebih dahulu.
Bagaimana Cara Google Berkembang
Pada mulanya, web di mesin pencari tentu tidak sebanyak sekarang sehingga proses navigasi menjadi sangat mudah. Namun, seiring berkembangnya waktu, mesin pencari memungkinkan penggunanya untuk semakin melakukan explore situs – situs yang jauh lebih banyak lagi.
Jika Anda mengetikkan kata kunci pada Google, Google dengan algoritmanya akan menampilkan hasil situs yang relevan dengan kata kunci yang Anda cari. Google begitu memperhatikan user experience penggunanya sehingga Google hanya akan menampilkan sesuatu yang relevan dengan apa yang dicari oleh penggunanya saja.
Dini ini, Google menggunakan beberapa faktor yang mempengaruhi rangking di SERPs (faktor yang baik di publish secara terang – terangan atau yang hanya diketahui oleh pihak internalnya saja).
Bagaimana Cara Local SEO Bekerja?
Jika Anda ingin mengoptimalkan local SEO Anda, maka itu berarti Anda berfokus untuk memberikan segala jenis sinyal untuk memberitahu Google bahwa bisnis Anda berada di wilayah tertentu dan ingin ditemukan pada lokasi tersebut. Salah satu hal terpenting dalam situs adalah “local business schema markup” yang akan membantu Google mengetahui wilayah mana saja yang Anda layani.
Ini mungkin terdengar agak sedikit “terlalu teknis” namun, Plugin Yoast memiliki fitur Local SEO yang siap menangani itu semua. Anda hanya perlu menambahkan sedikit informasi mengenai bisnis Anda dan secara otomatis Yoast akan membantu membuatkan skema tersebut. Selain menggunakan cara tersebut, menulis sesuatu yang ada hubungannya dengan audience lokal juga bisa menjadi ide yang bagus.
Platform Google yakni Google My Business bisa dijadikan sebagai platform untuk membuat mengoptimalkan local SEO. Ya, jangan ragu untuk menyediakan berbagai informasi tentang produk atau bisnis Anda di GMB. Dengan menggunakan GMB, Anda bisa jauh lebih mudah untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda.
Apa Bedanya dengan SEO “in General”?
Anda bisa melihat SEO lokal sebagai sub dari SEO. Jika SEO secara umum berfokus untuk mendapatkan rangking di mesin pencari secara keseluruhan, SEO lokal berfokus mendapatkan atensi dari customer lokal pada area – area tertentu saja. Inilah perbedaan paling mencolok SEO local dengan SEO pada umumnya,
Cara Untuk Mengoptimasikan Lokal SEO
Lengkapi Profil Google My Business
Pada dasarnya, Lokal SEO memang bisa diterapkan dalam berbagai platform termasuk di dalamnya adalah Bing Places ataupun Apple Maps. Namun, tak bisa terpungkiri jika Google Maps (yang masih erat kaitannya dengan Google My Business) merupakan platform yang menyita banyak atensi.
Untuk wilayah Indonesia sendiri, lebih dari 94% pengguna internet mengandalkan Google. Oleh karena itu, penerapan lokal SEO untuk Google My Business bisa menjadi hal yang perlu untuk dipertimbangkan. Menurut Google, ada beberapa informasi yang menurut Google wajib untuk dicantumkan. Informasi – informasi tersebut beberapa diantaranya adalah
- Lokasi, cantumkan alamat lengkap bisnis Anda, jangan lupa untuk memverifikasinya
- Nomor Telepon, yang selanjutnya adalah mencantumkan nomor telepon. Nomor telepon sebaiknya bisa dihubungi baik melalui telepon biasa maupun melalui WhatsApp
- Kategori, pilihlah kategori yang paling relevan dengan bisnis Anda
- Atribut, jelaskan apa yang Anda tawarkan pada situs atau bisnis Anda
- Jam Operasional, berisi kapan saja waktu – waktu saat Anda membuka toko Anda
- Foto, tingkatkan kredibilitas bisnis dengan memajang foto seputar bisnis Anda
Lakukan Riset Keyword
Cara untuk mengoptimasi website yang selanjutnya adalah melakukan riset keyword. Namun bukan keyword yang secara umum yang di ambil melainkan keyword yang mengandung kota target Anda. Jika sudah menemukan kata kunci yang demikian, silakan untuk optimasikan seperti biasanya. Umumnya kata kunci lokal jauh lebih mudah untuk dioptimasikan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tools dari Google Trends untuk mengetahui wilayah mana saja yang berpotensi mengetikkan kata kunci tersebut.
Perkuat On Page SEO
Fungsi utama dari SEO On Page adalah mempermudah mesin pencari dalam memahami konten situs Anda. Semakin mudah untuk dipahami, semakin gampang pula konten Anda untuk muncul di mesin pencari. Hal ini juga berlaku untuk local SEO. Ketika website mudah untuk dilakukan identifikasi maka Google bisa tau dan jadi lebih mudah untuk memunculkan ke pencarian yang relevan dalam lingkup lokal. Anda bisa menggunakan Schema Markup yang ada pada plugin Yoast.
Bangun Link Building yang Kuat
Anda pasti paham jika link building memiliki peranan yang cukup penting dalam SEO. Hal ini juga sama pentingnya ketika Anda akan mengoptimalkan local SEO. Anda bisa menggunakan Jasa Backlink untuk memenuhi kebutuhan link building sebuah situs.
Lihat Ulasan di Google Maps Bisnis
Cara optimasi lokal SEO yang terakhir adalah dengan dengan melihat ulasan dari pelanggan Anda di Google Maps. Anda bisa juga membalasnya melalui akun Google My Business. Hal seperti ini mampu meningkatkan interaksi antara bisnis Anda dan pembeli Anda.
Nah itulah pembahasan mengenai serba serbi local SEO. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda untuk mengoptimasi lokal SEO Anda.