Kriteria Backlink Berkualitas

Kriteria Backlink yang Berkualitas

Kita semua pastinya sepakat jika backlink memiliki peranan yang cukup penting untuk mendongkrak posisi di mesin pencari. Namun, perlu Anda ketahui, backlink yang berpengaruh pada mesin pencari bukanlah backlink sembarang backlink. Backlinknya harus berkualitas. Memangnya kriteria backlink berkualitas itu seperti apa?

Banyak orang berlomba – lomba memperbanyak backlink tanpa mengetahui kualitasnya seperti apa. Hal itu sebenarnya kurang benar. Sebab, lebih baik mencari backlink berkualitas dengan jumlah yang sedikit dari pada memperbanyak backlink tapi kualitasnya belum tahu bagaimana. 

Mendapatkan backlink yang berkualitas adalah cita – cita dan goals kebanyakan pemilik website. Namun, karena backlink yang berkualitas sangat berharga. Maka, cara untuk mendapatkannya pun tidaklah mudah. Bahkan, kebanyakan orang lebih mempercayakan untuk menggunakan Jasa Backlink.

Kita pasti sepakat jika kegunaan backlink memang sangatlah penting. Apalagi backlinknya backlink yang bagus. Untuk mengetahui sebuah backlink berkualitas atau tidak, Anda harus mencari tahu ciri – ciri backlink berkualitas terlebih dahulu. Ini dia beberapa ciri atau kriterianya. 

Kriteria Backlink Berkualitas

Relevan

Ciri backlink yang berkualitas pertama adalah berasal dari website yang masih relevan dengan website milik Anda. Tautan yang masih memiliki relavansi dengan website kita jauh akan terlihat alami di mata Google. Jika dilihat dari sisi pengunjung, tautan yang satu topik juga tidak akan mengganggu pengunjung dan bahkan berpeluang meningkatkan traffic.

Links With Traffic

Backlink yang terbaik juga bisa berasal dari link yang di klik oleh pengguna sehingga mendatangkan traffic ke website milik kita dan sudah jelas terindex Google. Umumnya, link yang seperti ini sangat memenuhi kriteria backlink yang berkualitas. Salah satu triknya adalah membuat konten yang panjang dan bermanfaat serta SEO Friendly.

Terindex & Dofollow

Kriteria link building yang bagus selanjutnya adalah terindex oleh Google dan jenisnya do follow. Link yang terindex artinya akan terlihat oleh Pengguna. Atribut dofollow memungkinkan Google untuk mencrawling link tersebut. Namun, link no follow juga diperlukan untuk menjadi pembeda. 

Natural

Kriteria yang seperti ini adalah yang terpenting. Backlink yang berkualitas datang dengan natural. Tidak dilakukan secara masif. Google tidak suka pemilik website yang “mencurangi” Google. Maka dari itu, buatlah backlink website yang natural sehingga Google tidak curiga. 

Bertahan Lama

Backlink yang baik harus bertahan lama atau berada selama mungkin pada website yang memberikannya. Tautan yang bertahan hanya sebentar dan cepat menghilang justru akan menurunkan peringkat website. Coba untuk mengusahakan backlink Anda bersifat permanen. Ini adalah kriteria link building yang bagus.

Penggunaan Keyword pada Anchor Text

Anchor Text adalah kata yang mengandung link. Linknya mengarah ke website milik kita. Anchor text sebenarnya bisa menggunakan kata apa saja tidak harus mengandung keyword, namun ciri – ciri backlink yang bagus penggunaan anchor textnya adalah menggunakan keyword. 

Tautan Kontekstual

Tautan ini berada di artikel. Alasan mengapa link jenis ini jauh lebih berkualitas tinggi adalah karena link artikel biasanya memiliki relevansi yang tinggi dengan konten yang diulas. Tautan yang seperti ini jauh disukai oleh mesin pencari.

PA DA yang Tinggi

Google menggunakan algoritma PageRank untuk menilai apakah sebuah website “berkualitas” atau tidak. PA DA (Page Authority dan Domain Authority) sebuah website bisa di cek menggunakan tools dari MOZ. Tak harus dari MOZ sebenarnya. Anda bisa menggunakan tools – tools yang lainnya.

Domain yang Sudah Berumur

Kriteria Backlink yang Bagus yang selanjutnya adalah berasal dari domain yang berumur. Semakin tua umur suatu domain maka akan dianggap “semakin matang”. Keuntungan yang bisa Anda dapat ketika mendapat backlink dari domain yang berumur adalah lebih cepat terindeks oleh Google. Dari sisi SEO pun, akan jauh lebih aman jika backlink berasal dari domain yang sudah domain atau sering juga disebut dengan aged domain.

Tidak Bolak Balik

Backlink yang bagus sebaiknya tidak saling memberi atau bolak balik. Umumnya backlink ini terjadi di forum forum yang barter link. Link yang seperti ini tidak disukai oleh Google serta tidak memberikan efek yang signifikan pada website Anda. 

Berasal dari IP yang Berbeda

Mendapatkan backlink dari IP yang berbeda dengan hosting yang berbeda pula nyatanya termasuk backlink yang aman dan juga bagus. Google akan menilai jika backlink yang diperoleh dari IP yang berbeda berarti hal tersebut diperoleh bukan dari hasil manipulasi Google.

Nah itulah kriteria backlink yang berkualitas untuk suatu website. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda untuk memperoleh posisi yang terbaik di mesin pencari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.