Impression dalam Google Ads

Impression Google Ads

Bagi Anda yang sedang bergerak di bidang digital marketing perlu menambah banyak wawasan. Terutama tentang pengalaman apa saja yang dapat mendukung performa iklan produk Anda yang berpengaruh terhadap profit bisnis Anda agar laku di pasaran. Salah satunya impression dalam Google Ads yang penting untuk Anda ketahui.

Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan tentang apa itu impression, jenis-jenis hingga keuntungan apa saja yang dapat Anda temukan sendiri. Bagi Anda yang sudah tidak asing dengan istilah ini, bisa menambah wawasan lainnya karena artikel berikut ini akan membahas secara detail seputar impression dalam digital marketing yang wajib Anda ketahui.

Apa Itu Impression? 

Menurut artikel Knowledge bahwa Impression merupakan tayangan berupa data yang akan menunjukkan seberapa sering iklan produk Anda tayang di halaman mesin pencari. Data ini tidak memiliki rumus, sebab Google menampilkannya secara otomatis berdasarkan jumlah penayangan iklan.

Penayangan yang dimaksud adalah di device Anda baik komputer, tablet, handphone dan lainnya dari pengguna Google yang menjadi audience. Tayangan dari produk Anda cukup penting dan berpengaruh pada intensitas transaksi terhadap suatu bisnis. 

Jumlah iklan yang tayang terkadang menentukan terhadap tarif suatu iklan. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa impression lebih kepada seberapa sering iklan Anda ditampilkan di laman atau menunjukkan potensi yang dapat dilihat oleh audience serta di klik atau tidaknya.

Impression dalam Google Ads

Impression di dalam Google Ads merupakan jumlah iklan yang dapat dilihat oleh audience di hasil mesin pencari yang termasuk dalam jaringan Google. Di dalam Google Ads sendiri, impression ini cukup berbeda dibanding lainnya baik itu Instagram, Facebook, atau media lainnya. 

Alasannya karena performa iklan tidak dapat anda ukur dari jumlah impression yang diperoleh melainkan  dari kata kunci yang Anda pilih. Jika anda memilih kata kunci ‘madu manis’ maka impression bisa mendapatkan sejumlah kata yang yang sesuai atau yang tidak sesuai dengan bisnis Anda. 

Oleh karena itu Anda perlu melakukan evaluasi berkala jika anda memilih kata kunci ‘madu manis’ maka impression bisa mendapatkan sejumlah kata yang yang sesuai atau yang tidak sesuai dengan bisnis Anda. Oleh karena itu Anda perlu melakukan evaluasi berkala.

Jenis-jenis Impression

Terdapat beberapa jenis impression yang perlu Anda ketahui, karena berkaitan dengan digital marketing. Beberapa di antaranya sebagai berikut.

Page Impression

Page impression dalam Google Ads adalah jumlah tayangan yang dapat anda hitung ketika iklan telah tayang di halaman website. Bila Anda membuka website dan menemukan berbagai iklan yang tampil, maka tampilan tersebut nantinya dapat anda hitung oleh Google, data tayangan tersebut yang dimaksud dengan page impression.

Ads Impression

Ads impression merupakan tayangan yang menunjukkan bahwa iklan produk telah anda muat atau tampil pada berbagai halaman website memiliki pengguna. Bagi pemilik produk perlu mengetahui informasi hal detail dari ads impression ini.

General Impression

Selanjutnya adalah general impression. Merupakan tayangan iklan secara umum dan dapat anda lihat di atas flip. Bagi Anda pemilik bisnis dan ingin melakukan tayangan iklan agar produk anda tayang pada berbagai media juga bisa memperhatikan berbagai hal termasuk dalam aturan penayangannya. 

Impression Google Ads

Social Media Impression

Nomor empat selanjutnya adalah social media impression yang merupakan postingan iklan yang termuat dalam postingan pengguna media sosial. Bila Anda berselancar pada Instagram, Tiktok, Facebook, dan lainnya akan menemukan tayangan iklan yang muncul. Tayangan tersebut juga termasuk dalam target pemasaran iklan online.

Advertising Impression

Jenis yang terakhir adalah advertising impression, yaitu tayangan iklan online yang muncul pada media website. Jenis impression dalam Google Ads ini berupa jumlah keseluruhan dari tayangan konten iklan online yang muncul pada layar website seseorang pada jaringan penerbit.

Tipe Impression

Selain jenis-jenis, terdapat pula tipe impression, bagi pebisnis muda yang belum familiar dengan tipe ini perlu menelusuri apa saja yang urgen dari berbagai macamnya tersebut. Kemudian, anda bisa menimbang lagi tipe apa yang ingin anda pilih dalam penayangan iklan.

Viewable Impression

Tipe pertama ini adalah viewable impression, sering digunakan dalam penyempurnaan analisis tipe pengumpulan data dari pengguna. Pada umumnya, langkah untuk mengukur tipe impression ini dengan mengecualikan kondisi yang memungkinkan konten tidak bisa terlihat oleh audience. 

Semisal bagi pengguna yang menggunakan ad-blocker, perangkatnya cukup kecil, plug-in rusak dan menghalangi iklan tayang, browser ditutup dari iklan, serta tab yang termuat dari latar belakang atau tidak pernah terbuka oleh pengguna.

Served Impression

Selanjutnya adalah served impression, yaitu standar yang digunakan untuk mengukur impression dari suatu konten internet. Impression tipe ini hanya mengandalkan data yang di peroleh secara organik  atau tidak berbayar.

Namun, yang penting untuk anda ketahui bahwa tipe ini memiliki kelemahan, yaitu datanya terbatas. Impression tipe ini menunjukkan bahwa iklan telah terpasang pada website tanpa informasi apakah terlihat oleh pengguna.

Keuntungan Mengukur Impression 

Bagi pebisnis pemula seperti anda, perlu mengetahui keuntungan apa saja dari impression. Mengukur impression atau tayangan iklan suatu website pengguna, memiliki manfaat tersendiri. Salah satunya dapat menentukan performansi kampanye marketing dari suatu industri bisnis. 

Tingkat keberhasilan pun juga berpengaruh terhadap target pasar yang telah di tetapkan. Dalam dunia digital marketing, interaksi dengan target marketing merupakan hal urgen yang perlu anda lakukan. Demikian ini juga berpengaruh terhadap profit dari suatu produk pada industri tertentu.

Dengan mengetahui data performansi jumlah tayangan atau impression dari iklan produk, anda akhirnya bisa mengukur atau membuat strategi efektif untuk membuat produk anda laku dalam pasaran dan di ketahui oleh banyak orang. 

Iklan memang memberikan pengaruh positif terutama terhadap peningkatan transaksi pada suatu produk milik bisnis anda. Jadi anda perlu tahu perubahan dan sejauh mana data tayangan iklan milik anda. Demikian penjelasan ringkas tentang impression dalam Google Ads yang dapat Anda ketahui, hal urgen yang berpengaruh terhadap tayangan iklan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.