Apa Hubungan SERPs dan SEO? Mengapa Kedua Hal Ini Tidak Bisa Dipisahkan?

Hubungan SERPs dan SEO

Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia SEO, Pasti Anda pernah atau bahkan sering mendengar istilah SERPs. Sebenarnya, hubungan SERPs dan SEO itu apa? Nah ketahui serba serbinya hanya di sini. Mari kita mulai dari pengertian SERPs itu sendiri. 

Apa itu SERPs?

Search Engine Result Page atau SERPs maupun SERP merupakan respon Google atas apa yang pengguna cari. SERP menyajikan hasil pencarian organik, berbayar, snippets, pencarian video dan sejenisnya. Atau sederhananya, apa yang Anda ketikkan atau ucapkan di Google, SERPs adalah jawaban yang Google berikan.

Meskipun kini memiliki banyak jenis fitur yang ditampilkan dalam SERPs, namun yang paling umum dan paling biasa ditampilkan adalah pencarian berbayar dan pencarian organik. Umumnya pencarian berbayar terdapat tulisan “iklan” atau “ads” sedangkan pencarian organik tidak. 

Umumnya pencarian berbayar berasal dari Google Ads atau dulunya bernama Google Adwords yang mempertimbangkan relevansi dan yang lainnya. Sedangkan penempatan untuk pencarian berbayar umumnya berdasarkan algoritma yang berlaku serta beberapa ranking factor Google.

Mengapa SERPs Penting untuk SEO?

Nah mari bahas mengenai hubungan SERPs dan SEO serta mengapa SERPs begitu penting? SERPs menentukan bagaimana situs Anda bisa berada di halaman satu Google. Contohnya saja, ketika Anda memiliki sebuah kata kunci dan tampil di halaman satu Google. Itu memang sudah bagus, tapi jika posisinya berada di rangking 10 apakah itu sudah bagus? Tentu saja ada yang jauh lebih bagus yaitu berada di rangking 1. Mengapa demikian? Sebuah penelitian menunjukkan jika situs yang berada di posisi pertama Google mendapatkan atensi yang jauh lebih banyak dari pengguna.

Jadi, jika casenya seperti di atas, Anda mungkin saja sudah berada di halaman 1 Google, namun ketika masih berada di rangking 10 maka klik yang Anda terima jauh lebih sedikit dan kurang maksimal.

Pada dasarnya SERPs adalah 10 “link biru” yang Google kira mampu memenuhi jawaban atas pertanyaan Anda. Itu sebabnya banyak orang “terobsesi” untuk bisa berada di halaman satu Google. Jadi, dapat disimpulkan bahwa SERPs memang sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan SEO.

Untuk lebih mengenal mengenai SEO, berikut ini beberapa elemen SERPs yang harus Anda ketahui.

Elemen SERPs

Organic Search Result

SERPs

Hasil pencarian organik merupakan hasil algoritma Google yang begitu rumit. Algoritma Google ini tidak pernah Google publikasikan secara terang – terangan kesemuanya. Namun ada beberapa ranking factor yang Google konfirmasi. Apa saja itu? Beberapa di antaranya adalah Off Page SEO (backlink sangat berpengaruh), On Page SEO, loading situs, dan lain sebagainya.

Standar organic search result adalah page title, page URL, dan meta descriptions. Tapi, bisa juga Google menyertakan hal lainnya seperti tanggal publikasi, sitelink atau bahkan rich snippets.

Paid Search Result

SERPs

Paid search result ditandai dengan tulisan “ad” atau “iklan” pada bagian kiri snippets. Menurut data dari Rank Ranger, terdapat 51,61% ads yang ditemukan dalam page one SERPs. Tak hanya tampil di bagian atas, ads juga sangat mungkin untuk muncul pada bagian bawah. Ini umumnya tergantung bagaimana cara setting, bid yang Anda gunakan, serta budget hariannya. Sedikit merepotkan memang untuk setting iklan di Google, tapi tenang saja, kini sudah ada penyedia jasa iklan Google yang siap membantu Anda dalam menayangkan iklan.

Featured Snippets

SERPs

Featured Snippets adalah “bagian pendek” konten yang diambil dari postingan situs atau bisa juga dari video. Ahrefs pernah mengatakan jika 12% dari semua SERPs memiliki featured snippets. Bentuk dari featured snippets sendiri ada banyak. Mulai dari text, list, tabel atau bahkan video. 

Featured snippets bisa jadi ancaman untuk situs Anda atau bahkan keuntungan. Ancaman karena meskipun berada di posisi paling atas (disebut juga dengan rangking 0) namun bisa “menyurutkan” organic traffic. Featured snippets sangat menguntungkan karena konten Anda terpampang pada bagian awal.

Direct Answer Box

SERPs

18% search result memiliki “direct answer” yang mana langsung menjawab pertanyaan penggunanya. Jawaban yang Gogle berikan akan dianggap sebagai “public domain”. Sehingga tidak seperti featured snippets tadi yang menyertakan sumber. 

Knowledge Graph dan Knowledge Panel

SERPs

Knowledge graph dan panel umumnya akan muncul di bagian kanan organic result. Umumnya isi dari knowledge graph dan panel berisi mengenai informasi penting mengenai perusahaan besar atau seseorang yang penting. Data – data ini umumnya bersumber dari Wikipedia atau Crunchbase.

Local Packs

SERPs

Local Packs memungkinkan Anda untuk menemukan tempat atau toko sesuatu yang Anda cari yang letaknya paling dekat dengan Anda. Fitur ini akan muncul ketika Google merasa perlu menunjukkan pencarian local. Jadi, hubungan SERPs dan SEO tidak boleh Anda sepelekan begitu saja.

Google Image Result

SERPs

Google akan menampilkan Google Image ketika kata kunci yang user gunakan dirasa perlu untuk menyertakan gambar. Contoh kata kunci yang mungkin membuahkan hasil Google Image Result adalah “kucing lucu”, “motor hijau” dan yang lainnya. 

Video Result

SERPs

Elemen SERPs yang selanjutnya adalah video results. 88% video result bersumber dari YouTube. Tidak diketahui secara persis indikator apa yang bisa membuat Google memunculkan video di pencarian. Kemungkinan dari kata kunci yang terkandung di dalamnya. 

People Also Ask

SERPs

Yang selanjutnya ada fitur people also ask. Umumnya fitur ini ada pada bagian tengah pencarian. Ketika Anda mengklik salah satu dari people also ask ini, tab akan melebar dan menyajikan jawaban dari pertanyaan tersebut. Menurut Moz, 58% Google result mengandung people also ask.

Google Shopping Results

SERPs

Google Shopping Results atau Product Listings Ads akan muncul untuk keyword yang mendekati produk spesifik. Meskipun sebagian besar Google Shopping Results adalah ads, Google juga menampilkan hasil organik tertentu.

Nah itulah serba serbi SERPs serta hubungan SERPs dan SEO. Jadi, sekarang tahu bukan jika SERPs merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.