Google Webmaster Guidelines dalam SEO Apa Saja?

Google Webmaster Guidelines

SEO profesional menggunakan Google Webmaster Guidelines dalam SEO untuk memilih taktik dan strategi yang sesuai dengan harapan Google. Mengetahui Google Webmaster Guidelines sangat penting untuk mencapai hasil SEO yang berkelanjutan. Jika Anda tidak mengikuti guideline dari Google umumnya Anda bisa saja terkena penalti. Skenario terburuk dari penalti Google adalah ter-banned dari Google SERPs.

Apa itu Google Webmaster Guidelines?

Google Webmaster Guidelines dibagi menjadi beberapa bagian yakni webmaster guidelines, general guidelines, content-specific guidelines, dan quality guidelines. Apa saja maksudnya? Ini dia.

Webmaster guidelines adalah praktik – praktik umum yang memungkinkan Anda untuk membuat situs Anda jadi jauh lebih mudah untuk berada di halaman satu Google. General guidelines adalah best practice agar website Anda menjadi terbaik di SERPs. Content – specifics guidelines adalah guidelines yang mengatur seputaran konten yang jauh lebih spesifik mulai gambar, video, dan yang lainnya. Lalu yang terakhir ada quality guidelines mencakup teknik teknik yang tidak disarankan untuk digunakan karena dikhawatirkan akan terkena penalti.

Mengaplikasikan Google Webmaster Guidelines

Google Webmaster Guidelines

Pastikan Keyword Relevan

Situs Anda harus dapat dengan mudah user temukan. Salah satu cara untuk menentukan relevansi adalah memeriksa situs peringkat teratas dan melihat kata kunci apa yang digunakan, judulnya bagaimana, meta description nya bagaimana dan yang lainnya. Kini banyak tools yang dapat Anda gunakan untuk meringankan pekerjaan Anda yang satu ini.

Perhatikan Internal Link

Google merekomendasikan semua halaman yang ada di website Anda minimal memiliki satu link yang mengarah ke halaman yang lainnya. Link juga harus crawlable. Membuat link yang mudah dirayapi mempermudah user Anda menemukan halaman Anda serta mampu meningkatkan user experience dan Google dapat dengan mudah mengerti isi dari website Anda. Hindari menggunakan text achor yang terlalu umum, gunakan frasa kata kunci untuk menggambarkannya halaman. 

Jumlah Link dalam Halaman yang Wajar

Dulu Google melarang menggunakan 100 link untuk per halamannya. Namun untuk sekarang, jumlah link dalam halaman sebenarnya tidak ada ketentuan khususnya. Namun, usahakan dalam jumlah yang wajar dan prioritaskan user experience. 

Google Webmaster Guidelines dalam SEO

Buat Konten yang Bertujuan untuk User

Untuk segi konten, buatlah konten yang berguna untuk user. Jika dulu kebanyakan praktisi SEO membuat konten berorientasi kepada mesin pencari, sekarang hal tersebut sudah tidak berlaku lagi karena Google hanya akan melihat sebuah konten jika berguna untuk user.

Perhatikan Kata yang Diketikkan User di Mesin Pencari

Google webmaster guidelines dalam SEO yang selanjutnya adalah memperhatikan apa yang user ketikkan di mesin pencari. Saat melakukan riset kata kunci, penting halnya untuk mengetahui dan memastikan bahwa Anda tahu bagaimana pengguna menelusuri situs Anda di mesin pencari. Jika Anda tidak tahu apa yang user ketikkan di mesin pencari untuk menemukan website Anda, maka riset kata kunci akan sia – sia. Anda bisa menggunakan beberapa tools untuk melakukan riset.

Kesimpulan

Sebagai orang yang mengoptimasi website nya menggunakan SEO tentu saja Anda harus paham mengenai Google Webmaster Guideline dalam SEO. Tentu saja, sebenarnya guideline ini ada banyak sekali. Yang di sebutkan di atas itu beberapa guideline yang penting untuk Anda perhatikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.