Google Analytics dan Google Ads, Apa Hubungannya?

Meskipun bisa berjalan sendiri – sendiri, Google Analytics dan Google Ads akan lebih bagus jika dijalankan secara bersamaan alias dihubungkan. Anda bisa dengan mudah melihat performa iklan yang Anda tayangkan melalui Google Ads dengan menggunakan Google Analytics.

Ketika Anda menghubungkan kedua platform milik Google ini, sangat memungkinkan kedua platform ini “bertukar data” sehingga Anda bisa jauh lebih mudah dalam memahaminya. Hal ini tentu bisa berdampak pada penyusunan strategi yang jauh lebih matang di kemudian hari.

Selain bisa melihat data dengan jelas, ada banyak sekali alasan mengapa harus menghubungkan Google Analytics dan juga Google Ads. Apa sajakah itu? Berikut ini alasan – alasannya!

Alasan Menghubungkan Google Analytics dan Google Ads

Mendapatkan Gambaran yang Lebih Besar

Dengan menghubungkan keduanya, sangat besar kemungkinan untuk melakukan pengukuran kinerja sehingga Anda mampu membandingkan pengiklanan di Google Ads dengan saluran pemasaran yang lainnya serta mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari tentang kata kunci, perilaku konsumen, dan kinerja iklan Anda. Hal ini mampu membantu memperoleh pemahaman lebih baik terkait pelanggan Anda.

Mengidentifikasi Konversi

Ketika melacak konversi dari Google Ads langsung, mungkin sedikit membingungkan. Tapi, hal ini tidak lagi. Sebab jadi lebih mudah jika ditautkan. Analytics juga menyediakan fitur filter yang bisa diurutkan dari yang paling menghasilkan hingga tidak.

Sebenarnya masih banyak sekali alasan yang mendasari mengapa seseorang harus menghubungkan kedua platform ini. Lantas, bagaimana cara menghubungkan kedua platform milik Google ini? Berikut ini cara – caranya!

Menghubungkan Google Analytics dan Google Ads

Ketika Anda ingin menghubungkan kedua platform ini, tentu saja Anda harus memiliki akun di kedua platform Google ini. Jika sudah, lakukan step di bawah ini :

  1. Login ke Google Analytics Anda
  2. Setelah Anda berada di dashboard, klik menu admin
  3. Cari tab admin
  4. Pilih akun Google Analytics yang ingin ditautkan
  5. Beralih ke tab property, klik Ads Linking (Adwords Linking)
  6. Centang customer id dan klik selanjutnya
  7. Setelah itu, Anda diharuskan untuk memasukkan title link group dan menggeser tombol on di all data website
  8. Klik tombol biru bertuliskan link account

Setelah step di tersebut selesai, mari kita set up di Akun Google Ads apakah sudah terhubung atau belum. Untuk mengeceknya Anda bisa melakukan step di bawah :

  1. Masuk ke akun Google Ads Anda
  2. Pilih gambar gerigi pada bagian kanan atas dan klik linked accounts
  3. Pilih platform Google Analytics dan view details
  4. Jika Anda sudah melihat akun Google Analytics Anda pada menu tersebut maka kedua platform ini sudah terkoneksi.

Nah itulah bagaimana cara untuk menghubungkan Google Analytics dan juga Google Ads. Jika kedua platform ini disambungkan kemungkinan besar efektivitas iklan online akan meningkat. Lakukan tips beriklan di Google Ads ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.