Faktor yang Mempengaruhi Ranking Situs di Mesin Pencari

Faktor yang Mempengaruhi Rangking Situs di Mesin Pencari

Sudah melakukan optimasi dengan search engine optimization, tapi kok situs belum juga muncul di halaman satu Google. Apa yang salah? Bagi praktisi SEO pasti ada saatnya mempertanyakan pertanyaan tersebut. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, sepertinya Anda harus mencari tahu faktor yang mempengaruhi ranking situs di mesin pencari. Memangnya apa? Yuk cari tahu!

Perlu Anda ketahui, algoritma Google tiap hari (disadari atau tidak) mungkin saja mengalami pembaharuan. Untuk itu, faktor yang mempengaruhi ranking di SERPs mungkin saja juga berubah. Namun umumnya faktor – faktor tersebut beberapa diantaranya adalah :

Faktor yang Mempengaruhi Ranking Situs dalam SERPs

Konten yang Berkualitas

Siapa bilang konten yang berkualitas tidak berpengaruh pada peringkat? Konten yang berkualitas masih menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi ranking website di mesin pencari. Buatlah konten yang memiliki kualitas bagus serta informatif bagi pembacanya. Hal ini membuat situs lebih mungkin untuk berada di halaman terbaik dari pada Anda asal upload konten saja. 

Tak hanya berkualitas saja, Anda juga harus rutin melakukan update konten. Untuk itu, jika Anda merasa Anda tidak siap atau tidak kuat untuk membuat konten berkualitas secara rutin, Anda bisa menggunakan Jasa Penulisan Artikel. Tapi teliti bagaimana kredibilitasnya terlebih dahulu ya!

Keamanan Situs

Jika kilas balik ke 2014, Google pernah membicarakan jika keamanan situs adalah salah satu faktor yang mendongkrak mesin pencari untuk bisa berada di halaman satu Google. Nah, ini juga masih berlaku hingga saat ini. Situs yang aman umumnya memiliki awalan HTTPS serta memiliki SSL sertifikat yang akan membuat situs Anda serta pengguna aman data – datanya. Anda bisa menggunakan plugin Really Simple SSL untuk segala hal pengaturan tentang SSL.

Google ingin penggunaanya diarahkan ke situs – situs terpercaya yang berkualitas, untuk itu, tak mengherankan jika Google memasukkan keamanan situs ke dalam faktor yang mempengaruhi peringkat di mesin pencari. 

Kecepatan Website

Faktor yang Mempengaruhi Rangking Situs di Mesin Pencari 3

Kembali lagi karena Google begitu mementingkan user experience, kecepatan website juga menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan karena termasuk ke dalam faktor penentu ranking. Situs yang memiliki loading yang lama cenderung tidak disukai oleh user. Untuk itu, Google umumnya tidak akan menyarankan situs dengan kecepatan yang kurang untuk berada di halaman satu Google.

Penggunaan Keywords

Penggunaan kata kunci yang tepat juga bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi rangking. Untuk menemukan kata kunci yang tepat, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan tools riset kata kunci seperti Google Keyword Planner ataupun yang lainnya. Penggunaan dari kata kunci yang tepat juga bisa berlaku pada pembuatan konten yang berkualitas. 

Crawlability

Search Engine tidak bisa menempatkan rangking terbaik untuk situs Anda jika search engine tidak menemukan situs Anda. Untuk itu crawlability memiliki “kedudukan” yang penting dalam menentukan ranking di mesin pencari. Jika Anda ingin memiliki ranking terbaik pada Google, izinkan Google untuk melakukan crawling pada situs Anda dan lakukan hal – hal berikut :

  • Buat dan submit sitemap.xml
  • Check index status di Google Search Console untuk mengetahui situs mana saja yang belum terindex sehingga bisa menentukan bagaimana langkah terbaik untuk membuat situs bisa terindex
  • Gunakan robots.txt dengan benar

Situs yang Mobile Friendly

Faktor yang mempengaruhi peringkat website yang selanjutnya adalah situs yang mobile friendly. Pengguna Google sebagian besar mengakses mesin pencari Google menggunakan smartphone. Nah untuk itu, Google sangat memprioritaskan bagi situs – situs yang mobile friendly untuk bisa berada di halaman satu Google. 

Penerapan SEO yang Baik

Penerapan teknik – teknik search engine optimization juga harus dilakukan dengan baik. Meskipun memang tidak ada pedoman khusus dalam menerapkan SEO. Namun, apapun teknik yang digunakan, baiknya SEO Off Page maupun SEO On Page tidak melanggar peraturan – peraturan dari Google. 

User Engagement

Faktor yang Mempengaruhi Rangking Situs di Mesin Pencari

Mesin pencari membantu pengguna Google untuk menemukan halaman – halaman yang paling relevan dengan apa yang mereka cari. Google juga mempertimbangkan bagaimana interaksi pengguna dengan hasil yang ditemukan. Google melakukan ini dengan menggunakan sebuah “alat” yang disebut dengan RankBrain. User Engagement faktor juga termasuk :

Click-Through Rate (CTR) : Persentase orang yang melakukan klik pada situs Anda di search engine result.

Time On Site : Jumlah waktu yang dihabiskan seseorang di sebuah halaman sesudah mereka menemukan halaman tersebut di mesin pencari.

Bounce Rate : Persentase orang yang meninggalkan sebuah halaman setelah membukanya

Metrik ini membantu mesin pencari untuk menentukan apakah situs tersebut cocok untuk berada di halaman satu Google atau tidak. Saran dari kami, tetaplah menggunakan konten – konten yang berkualitas untuk situs Anda.

Perhatikan SEO On Page Situs Anda

Faktor yang mempengaruhi rangking situs pada SERPs yang selanjutnya adalah SEO On Page sebuah situs. Ya, Anda harus benar – benar paham mengenai SEO On Page situs Anda agar bisa berada di halaman satu Google dengan “sedikit lebih mudah”. Memang untuk pedoman yang harus dilakukan dalam mengoptimasi SEO On Page memang tidak ada. Anda bisa melakukan explore sendiri atau jika Anda berada di kota besar seperti Malang, Anda bisa menggunakan Jasa SEO Malang.

Struktur Internal Link

Fakor yang Mempengaruhi Rangking Situs di Mesin Pencari

Internal link bisa membuat pengguna dan mesin pencari lebih mudah dalam menemukan situs Anda. Meskipun terlihat sederhana, namun jangan sepelekan hal yang satu ini karena dampaknya di mesin pencari sangat besar. Mungkin, Anda bisa membuat konten yang relate antara yang satu dengan yang lainnya agar mudah untuk menautkan internal link.

Penerapan Backlink yang Berkualitas

Selain memperhatikan SEO On Page, seseorang yang sedang melakukan optimasi menggunakan SEO juga harus memperhatikan SEO Off Page yaitu backlinknya. Kita semua pasti tahu jika backlink bisa meningkatkan posisi di mesin pencari. Namun tidak semua backlink berpengaruh demikian, hanya backlink yang berkualitaslah yang mampu mendongkrak posisi di mesin pencari. Salah satu ciri backlink yang berkualitas adalah berasal dari situs high authority. Memang sulit untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, namun tenang saja, kini sudah ada jasa backlink yang siap membantu Anda.

Jangan Sepelekan Local SEO 

Meskipun hanya bersifat lokal, namun jangan sepelekan lokal SEO. Untuk mengoptimasikan local SEO, Anda bisa menggunakan Google My Business. Isikan semua keterangan tentang perusahaan Anda dengan lengkap termasuk ke dalamnya nama, alamat dan nomor telepon perusahaan.

Usia Domain

Faktor yang mempengaruhi rangking situs di mesin pencari mungkin sesuatu yang tidak bisa Anda kontrol namun tidak bisa membuat website berada di ranking teratas mesin pencari. Ya, usia domain bisa menjadi faktor yang membuat situs berada di halaman pertama. Logikanya, orang yang sudah memiliki umur saja akan “dihormati” oleh orang yang jauh lebih muda. Ini juga berlaku pada website.

Nah itulah 13 Faktor yang mempengaruhi ranking situs atau website di mesin pencari. Semoga dengan adanya pembahasan ini, Anda bisa menemukan strategi yang tepat agar bisa berada di halaman satu Google dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.