Faktor Membuat Konten yang Berkualitas, Apa Sajakah Itu?

Faktor Penentu Konten

Konten yang berkualitas adalah salah satu penentu ranking di SERPs. Nah, ternyata konten yang berkualitas juga ditentukan oleh beberapa faktor. Apa saja faktor membuat konten yang berkualitas yang harus Anda perhatikan? Mari bahas!

Sejak tahun 2011, Google sangat memprioritaskan website – website yang memiliki konten yang berkualitas bagus. Kita semuanya pasti tahu jika konten yang berkualitas tidak hanya disukai mesin pencari namun juga disukai oleh user. 

Faktor yang Perlu Diperhatikan untuk Membuat Konten yang Berkualitas

User Intent

Pada tahun 2016, Google melakukan perubahan pada algoritmanya. Perubahan besar dalam algoritma peringkat Google lebih mementingkan user intent. Artinya, Google akan menganggap konten berkualitas tinggi jika konten tersebut dapat memenuhi minat user Google. Dengan adanya algoritma ini membuat siapa saja yang berada di halaman satu adalah yang memiliki konten paling bagus. 

Perhatikan Main Content

Salah satu hal yang terpenting agar kualitas halaman meningkat adalah meningkatkan kualitas main content. Menurut Google, main content adalah area di halaman website yang digunakan untuk mencapai tujuan halaman website Anda. Main content bisa berupa artikel panjang, video pendek hingga jenis yang lainnya.

Faktor Membuat Konten yang Berkualitas

Pertimbangkan Konten Pendukung

Sementara main content sangat berguna untuk menentukan kualitas halaman, konten pendukung juga memiliki peranan yang penting. Fitur yang membantu pengguna menemukan apa yang mereka inginkan disebut dengan konten pendukung. Konten ini harus mendukung konten utama dan memberikan nilai tambah bagi pengunjung.

Layout Halaman

Faktor konten berkualitas yang selanjutnya adalah layout. Bukan hanya seberapa bagus konten di buat, Anda juga harus memikirkan bagaimana layoutnya. Anda harus menata agar konten Anda mudah di mengerti oleh user tata letaknya. Anda harus memprioritaskan kenyamanan user dalam membaca konten Anda tidak hanya sekedar cantik secara visual.

Perhatikan Penempatan Ads

Jika situs Anda menggunakan Adsense, Anda harus memperhatikan di mana penempatannya. Google tidak akan memberikan peringkat pada halaman yang ada penggabungan antara iklan dan konten. Jadi, jika Anda menggunakan Adsense di situs Anda pastikan iklan tersebut tidak mengganggu konten Anda.

Faktor Penentu

Panjang Konten

Tak hanya kualitas kontennya saja yang perlu Anda perhatikan, panjang tulisan juga menjadi faktor membuat tulisan yang berkualitas. Maksud di sini adalah panjang yang benar benar semuanya berkualitas bukan hanya panjang namun isinya bertele tele atau membahas pembahasan yang sudah ada di atas. Sebenarnya tidak ada batasan khusus harus berapa panjang. Namun umumnya konten yang berada di halaman satu Google terdiri dari 1000 kata lebih.

E – A – T

Salah satu faktor yang tak kalah penting dari faktor faktor yang lain adalah pertimbangan penggunaan EAT (Expertise, Authoritativeness and Trustworthiness). Halaman yang berkualitas tinggi harus menunjukan pada user bahwa tulisan yang Anda miliki berwibawa, artikel langsung ahli yang membuat, dan terpercaya.

Nah itulah fakta membuat konten yang berkualitas yang harus Anda pahami. Namun jika Anda menggunakan Jasa Penulis Artikel, pastikan penulis artikel yang Anda sewa memahami beberapa hal di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.