Salah satu cara untuk memperoleh backlink bisa dengan menggunakan link profil. Nah tapi, menggunakan link profil terlalu banyak juga tidak terlalu bagus. Nah pada kesempatan kali ini, mari lihat elemen link profil untuk SEO apa saja yang harus diperhatikan. Namun, sebelumnya, cari tahu terlebih dahulu pengertiannya.
Apa itu Link Profil dalam SEO?
Setiap link yang menuju ke situs Anda memiliki dampak ke search engine optimization (SEO). Semua inbound link ini disebut dengan link profile. Link profile memiliki efek pada banyak aspek kinerja situs web, termasuk potensi peringkat dan otoritas domain Anda. Link profil dalam SEO yang kuat pasti berasal dari situs – situs yang high authority pula. Untuk mengetahui apakah link profil Anda bagus atau tidak, perhatikan elemen – elemen di bawah ini.
Elemen Link Profil dalam SEO
Jumlah Link
Melihat berapa banyak tautan yang Anda hasilkan penting karena Anda dapat melihat komponen penting dari strategi SEO Anda, termasuk berikut ini :
- Berapa banyak tautan yang dihasilkan dalam jangka waktu tertentu
- Seberapa cepat Anda membangun link
- Bagaimana cara melacak link building goals
- Bagaimana strategi Anda dirugikan ketika backlink hilang
- Berapa banyak link yang mengarah ke web pages Anda secara satuan
Seperti yang marketer tau, terlalu banyak menghasilkan link pada jangka waktu tertentu akan menimbulkan kecurigaan pada Google. Google bahkan tak segan segan untuk menganggap bahwa situs Anda adalah situs yang hobi spam. Ini tidak bagus, kemungkinan rangking akan diturunkan.
Variasi Domain
Jika Anda memiliki backlink dari sebuah domain untuk pertama kalinya, nilainya tidak sama jika Anda memiliki backlink yang sama pada domain yang sama pula. Jadi, lebih baik memiliki 1 backlink dari sebuah domain namun domain yang berkualitas ada banyak daripada memiliki 10 backlink dari domain yang sama.
Domain Authority
Semakin tinggi domain authority (DA) maka semakin bagus backlink yang diberikan. Namun, bukan berarti semakin rendah DA suatu situs berarti jelek. Justru, dengan adanya variasi ini membuat link profil situs Anda beragam dan sehat serta natural. Namun, jangan sampai lebih banyak mendapatkan situs dari DA yang rendah dari pada DA yang tinggi. Selalu perhatikan kualitas.
Relevansi
Elemen link profil untuk SEO yang selanjutnya adalah relevansi. Relevansi memang salah satu kunci keberhasilan SEO. Misalkan saja situs Anda tentang digital marketing, maka situs yang relevan misalkan saja tentang pemasaran, ekonomi dan sebangsanya. Jika Anda mendapat backlink dari kesehatan, itu membuat Google curiga. Jika tidak relevan, Google akan menganggap bahwa skema tautan dan spam.
Anchor Text
Selain beberapa hal mengenai link yang menuju ke situs Anda, ada hal lainnya juga yang harus Anda perhatikan yakni anchor text. Beberapa anchor text yang bisa digunakan antara lain adalah :
- Branded Anchor Text : Ini jauh lebih bermakna daripada jenis anchor text yang lainnya karena menyebut “brand” Anda.
- Keyword Anchor Text : Kata kunci yang dipilih dengan sengaja membantu meningkatkan relevansi kueri penelusuran.
- Relevant Anchor Text : Anchor text yang relevan dengan post yang ditautkan
- Diverse Anchor Text : Anchor text yang menggunakan sinonim untuk mencegah adanya penalti ketika Anda menggunakan kata kunci yang sama berulang kali sebagai anchor text
Halaman Tujuan
Apapun goals Anda dalam link building, Anda juga harus memperhatikan halaman tujuannya. Anda harus membuat tautan ke beberapa halaman tidak hanya ke home saja misalkan. Jika Anda memiliki tautan balik yang mengarah ke berbagai tujuan, profil Anda akan terlihat jauh lebih alami di mesin pencari dan membuat domain Anda jauh lebih disukai.
History Link Anda
Melihat backlink yang masuk ke dalam situs Anda juga termasuk elemen link profil untuk SEO yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda mendapat backlink, lalu dalam kurun waktu yang cepat backlink tersebut hilang, maka bisa jadi website tersebut enggan untuk memberi “vote” pada website Anda. Ini bisa menjadi masalah yang besar. Cobalah untuk mencari backlink yang bisa bertahan selama bertahun – tahun.
Bagaimana Cara Menganalisa Link Profile
Ada banyak sekali tools yang bisa Anda gunakan untuk menganalisis link profil Anda. Namun, dua tools yang menjadi favorit banyak orang adalah Moz dan juga Ahrefs.
Link Profil Analisis Menggunakan MOZ
MOZ Pro memungkinkan Anda untuk menganalisa SEO situs. Tak hanya itu, melalui fiturnya, yakni Link Explorer, Anda dapat menganalisa link profil dalam beberapa langkah mudah :
- Log in ke Moz Pro
- Tuju bagian “link explorer” pada bagian kiri sidebar
- Pilih “inbound link” lalu tuliskan domain Anda (bisa juga milik kompetitor)
Nah jika Anda sudah ada di tahap yang satu ini, Anda akan melihat domain authority, page authority, linking domain serta beberapa info penting lainnya. Untuk dapat mengetahui versi lengkapnya, Anda harus berlangganan terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan versi gratisnya, data yang Anda lihat tidak lengkap.
Link Profil Analisis Menggunakan Ahrefs
Salah satu tools terbaik untuk SEO adalah Ahrefs. Rasanya, hampir semua keperluan untuk SEO bisa menggunakan tools yang satu ini. Bagaimana cara menganalisa link profil menggunakan Ahrefs? Ikuti step – step di bawah ini :
- Log-in ke akun Ahrefs Anda
- Tuliskan domain Anda (bisa juga milik kompetitor) ke bagian Site Explorer
- Review bagian dashboard Anda
Umumnya Ahrefs akan memberikan informasi – informasi penting seperti domain rating, jumlah backlink, referring domain, organic keyword dan yang lainnya. Untuk melihat data yang lengkap, Anda harus berlangganan terlebih dahulu. Jika Anda tidak berlangganan, data yang Anda dapatkan tidak lengkap.
Kesimpulan
Nah itulah elemen link profil untuk SEO yang harus Anda perhatikan untuk membuat link profil Anda sehat dan rangking Anda bisa meningkat. Namun, jika Anda ingin kata kunci Anda naik, Anda bisa menggunakan penyedia Jasa SEO. Kini sudah ada banyak penyedia jasa SEO di kota kota besar seperti jasa SEO website Jakarta, Jasa SEO di Surabaya, jasa SEO di Medan dan yang lainnya.