Disavow Link dalam SEO, Bagaimana Caranya? Apakah Aman?

Disavow Link dalam SEO

 

Dalam membangun sebuah situs website yang kuat, backlink adalah salah satu elemen penting yang sangat berpengaruh dalam SEO. Ya, meskipun backlink juga tidak bisa berjalan sendirian, harus dibarengi dengan SEO On Page seperti penempatan kata kunci, konten yang baik dan yang lainnya. Dalam prakteknya, Anda tidak mungkin selalu mendapatkan backlink yang berkualitas. Ada kalanya Anda mendapatkan backlink yang kurang bagus dan Anda harus menyingkirnya dengan men-disavow. Cara disavow link dalam SEO bagaimana? Apakah cara yang satu ini masih tergolong efektif?

Disavow Link, Apa Itu?

Secara sederhana, disavow dalam SEO dapat diartikan sebagai salah satu tindakan untuk “membuang” link yang kurang bagus secara manual dari situs Anda. Disavow link adalah part dari salah satu tools Google yang sangat banyak digunakan oleh pemilik situs yaitu Google Search Console. Ini semua demi melancarkan strategi agar website memiliki ranking yang tinggi di SERPs berkat backlink – backlink berkualitas yang ada di dalamnya.

Mengapa Melakukan Disavow Link?

Secara sederhana, alasan mengapa melakukan disavow link adalah karena ada link yang tidak “sehat” di situs Anda dan Anda ingin membuangnya. Selain itu, Anda bisa menggunakan disavow ini jika situs Anda sudah terkena penalti. Jika Anda menerima pesan peringatan dari Google yang isinya menyatakan bahwa “tautan tidak wajar”, Anda bisa terkena sanksi terlepas Anda terlibat secara langsung atau tidak.

Salah satu bagian dari menjadi Webmaster adalah memastikan profil backlink untuk situs Anda bersih dan mengatasi penalti. Sebenarnya itu semua tidak akan terjadi jika Anda menggunakan white hat SEO. 

Dari tadi, membicarakan tentang mengatakan backlink yang tidak baik, backlink yang tidak sehat dan sebagainya. Memang backlink yang tidak baik itu seperti apa? Beberapa contoh “bad backlink” adalah backlink yang tidak organik, backlink yang dibeli secara masal demi mendongkrak posisi, atau schema link yang lainnya.

Disavow Link

Kapan Dilakukan Disavow Link dalam SEO?

Melakukan disavow link bukanlah sebuah kegiatan yang “coba – coba”. Ini merupakan salah satu tindakan yang cukup serius yang secara signifikan mempengaruhi peringkat pencarian Anda entah itu baik ataupun buruk. Secara umum, Anda harus melakukan disavow segera ketika Anda mengetahui link yang kurang bagus ada di situs Anda.

Sebagai note, hati hati dalam melakukan tindakan ini. Jangan sampai Anda membuang backlink yang salah karena pengaruhnya langsung ke peringkat. Tautan dari situs dengan otoritas yang tinggi meskipun memiliki traffic yang rendah, jangan di-disavow, backlink dari situs ini berguna sebagai “vote” agar Google makin percaya dengan situs Anda.

Apa yang Terjadi Ketika Anda Melakukan Disavow Link?

Cara Disavow Link

Disavow adalah permintaan Anda agar Google mengabaikan sejumlah tautan ke website Anda. Jika penolakan tautan ini berhasil, ada dua kemungkinan. Website Anda akan meningkat rangkingnya atau bahkan sebaliknya. Namun, jika Anda men-disavow link yang Anda yakin sebagai sumber “penyakit” dari situs Anda (dan menurut Google juga begitu) maka rangking Anda akan meningkat.

Google tidak berkewajiban untuk memenuhi permintaan Anda untuk memenuhi permintaan Anda. Google bahkan secara khusus menuliskan dalam pernyataannya bahwa disavow link dianggap sebagai “saran” bukan suatu keharusan.

Apakah disavow link bisa di – undo? Ya, mungkin. Sangat mungkin untuk Anda menghapus file disavow link pada unggahan sebelumnya. Namun, tidak jelas apakah Google menyimpan salinan daftar tersebut atau tidak. Untuk ini, melakukan eksperimen dengan disavow link merupakan ide buruk yang sebaiknya tidak Anda lakukan. 

Bagaimana Cara Disavow Link dalam SEO di Google Search Console?

Anda dapat melakukan audit tautan yang ada di situs Anda melalui halaman tautan di Google Search Console. Anda bisa juga menggunakan tools analisa backlink seperti SEMRush, MOZ, ataupun yang lainnya untuk menentukan backlink mana yang ingin Anda “buang”.

Disavow Link dalam Google Search Console

Jika Anda sudah benar benar yakin link mana saja yang ingin Anda disavow, Anda bisa menuliskannya di file txt untuk submit di Google Search Console. Jangan lupa save file tersebut. Untuk nama filenya terserah Anda ingin seperti apa.

Step yang selanjutnya adalah buka Google Disavow Tools, klik semua petunjuk pengarahan (jika Anda baru saja menggunakan) hingga Anda berada di dialog box yang meminta Anda untuk mengunggah file. Pilih unggahan tersebut lalu pilih file txt yang telah Anda siapkan.

Jika Anda memiliki akun lebih dari satu, pastikan Anda memilih akun yang sudah tepat. Lagi – lagi, tidak ada waktu yang pasti kapan Google akan memenuhi permintaan Anda. Bisa jadi dalam hitungan hari, jam, minggu? Tidak ada yang tau.

Nah itulah beberapa hal yang harus Anda pahami mengenai agar disavow link bisa berjalan sesuai rencana. Kami ingatkan sekali lagi sebelum melakukan disavow link

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.