Agar iklan Google Ads dapat tayang ke audiens yang ditargetkan, maka penting melakukan setting lokasi sesuai jangkauan bisnis Anda. Cara setting lokasi Google Ads ini tentu dapat disesuaikan dengan penargetan audiens yang relevan dengan bisnis Anda.
Buat jangkauan iklan ini lebih spesifik dan terukur seperti melakukan setting lokasi dimana bisnis Anda dapat melayani target market di daerah tertentu. Berikut simak penjelasan lengkap tentang cara mengatur lokasi untuk campaign Google Ads.
Cara Setting Target Lokasi Google Ads
Cara setting target lokasi iklan di Google Ads sebenarnya cukup mudah. Anda bisa membuat kampanye baru, kemudian masuk ke bagian Ad Grup untuk setting berbagai pengaturan.
Mulai dari memasukkan keyword yang terdiri dari kata kunci Broad, Phrase, atau Exact. Selain itu, Anda juga bisa mengatur bidding, fokus iklan, pengaturan maksimal cost per click, dan cara setting target lokasi di Google Ads.
Pilih Target Lokasi
Jika Anda sudah masuk ke bagian Ad Group di akun Google Ads, cari bagian ‘More Settings’ untuk menemukan tempat setting target lokasi Google Ads. Bagian ini akan muncul 3 opsi yang bisa dipilih untuk mengatur target lokasi.
- All countries and regions
-
- Indonesia
- Enter another location
Anda bisa memilih bagian ‘Enter another location’ untuk menentukan target lokasi iklan sesuai jangkauan market dan bisnis Anda.
Tulis Lokasi
Langkah selanjutnya, tulis lokasi target iklan yang akan ditayangkan. Misalnya, Anda mempunyai bisnis Jasa Kontraktor Bangunan yang menjangkau konsumen di wilayah Jakarta dan sekitarnya.
Anda mengisinya dengan mengetik lokasi Jakarta agar iklan dapat ditayangkan di area Jakarta dan sekitarnya. Nantinya, Google akan menampilkan pilihan lokasi lainnya di kolom pencocokan.
Misalnya opsi lainnya Anda bisa memilih lokasi seperti Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat, dan lain-lain. Jika sudah menentukan mana lokasi yang tepat, Anda tinggal klik tulisan target di sebelah kanan dan melihat berapa jangkauan iklan bisa dilihat audiens. Dengan demikian, lokasi yang sudah di atur akan membuat iklan nantinya di tayangkan hanya di daerah Jakarta saja.
Target Lokasi di Sekitar
Cara setting lokasi google ads selanjutnya yakni menentukan target sekitarnya. Masih berada di kolom yang sama, jika Anda sudah menentukan target lokasi yang di tentukan, Anda bisa menjangkau audiens lebih besar. Tentunya dengan menargetkan lokasi-lokasi yang berada di sekitar Jakarta.
Misalnya Anda ingin menjangkau lokasi seperti Bogor, Depok, Tangerang, atau Bekasi. Maka, Anda bisa memilih nama daerah yang akan ditarget, kemudian klik pilihan ‘Nearby’ atau ‘Di sekitar’.
Setting Advanced Search
Pengaturan ini bisa Anda lakukan dengan cara setting target lokasi dengan Advanced Search. Bagian ini akan mengarahkan Anda ke halaman lokasi dan radius atau jangkauan iklan dapat di tayangkan.
Untuk bagian location, Anda bisa melakukan pengaturan seperti cara sebelumnya. Kemudian Anda dapat memilih bagian ‘Radius’, dan mengatur iklan tayang pada radius berapa luas kilometer atau mil dari lokasi bisnis Anda.
Setting Exclude
Bagian ini bisa di lakukan untuk mengatur target lokasi-lokasi yang di kecualikan. Di mana lokasi yang di pilih nantinya tidak dapat melihat iklan Anda. Pada bagian ini terdiri dari beberapa pilihan seperti:
- Presence: People in locations you excluded (recommended)
Pilihan ini bisa di gunakan agar iklan Anda tidak tayang ke orang-orang yang berada di lokasi tersebut.
- Presence or interest: People at, often at, or who have shown interest in the location you excluded
Untuk pilihan ini di gunakan agar iklan tidak tayang ke orang yang berada di lokasi yang di pilih, atau yang memiliki minat di lokasi tersebut.
Pentingnya Setting Lokasi Google Ads
Mengatur target lokasi di Google Ads tentu sangat penting untuk meningkatkan aktivitas penjualan online secara signifikan. Berikut beberapa keuntungan dari setting lokasi Google Ads yang tepat.
Penargetan Lebih Tepat
Keunggulan dari setting lokasi tentunya agar penargetan iklan bisa tepat sasaran dan lebih spesifik. Ini sangat berguna terutama bagi pelaku bisnis yang ingin menjangkau konsumen dalam radius tertentu.
Hemat Budget
Mengatur lokasi Google Ads sangat penting agar budget yang dikeluarkan lebih efisien dan terorganisir. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya hanya untuk menampilkan iklan kepada orang-orang yang di luar target bisnis Anda.
Meningkatkan Konversi
Menargetkan iklan kepada audiens dan lokasi yang lebih spesifik, tentu dapat meningkatkan konversi lebih tinggi. Orang-orang yang melihat iklan Anda juga akan lebih tertarik karena merasa relevan dengan lokasi mereka.
Setting Lokasi Iklan Menggunakan Jasa Google Ads Terpercaya
Dari penjelasan di atas, Anda bisa memahami bagaimana cara setting lokasi Google Ads dengan mudah untuk menayangkan campaign iklan Anda. Cara ini sangat membantu agar iklan Anda bisa tayang sesuai target lokasi yang telah ada. Agar optimasi iklan sesuai tepat sasaran, Jasa Google Ads bisa menjadi pilihan yang tepat. Jasa iklan Google memiliki peran yang sangat penting untuk mengukur keberhasilan iklan yang berdampak terhadap peningkatan penjualan bisnis Anda. Selain menentukan target lokasi yang tepat, jasa ini juga mengetahui cara setting audiens Google Ads yang tepat sesuai target bisnis Anda. Pastinya ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan jasa Google Ads terpercaya untuk optimasi iklan yang efektif dan efisien.