Pahami Cara Kerja Google Ads Sebelum Beriklan!

 

Memahami cara kerja Google Ads merupakan salah satu upaya yang tepat agar bisa sukses beriklan di Google Ads. Google Ads sendiri dulunya bernama Google Adwords.

Google Ads dari dahulu hingga sekarang banyak orang yang memanfaatkan layanan satu ini untuk mencapai tujuan tertentu misalkan saja meningkatkan penjualan, mendatangkan traffic ke website dan yang lainnya.

Secara sederhana, Google Ads dapat diartikan sebagai tools pemasangan iklan digital dimana Anda bisa memasang iklan dengan spesifikasi tertentu sehingga bisnis Anda bisa ditemukan oleh mesin pencari dengan mudah di Google.

Sama halnya dengan memasang iklan di media lainnya, Anda harus mengeluarkan sejumlah biaya Google Adwords untuk bisa menikmati layanan ini. Jumlah biaya dan metode pembayaran Google Ads juga banyak.

Karena melibatkan biaya yang terkadang tak sedikit, Anda perlu untuk tahu bagaimana cara kerja Google Ads. Di bawah ini ulasan mengenai bagaimana cara kerja Google Ads yang perlu Anda ketahui.

Cara Kerja Google Ads

Melakukan Pemasaran Ulang atau Remarketing

Remarketing atau pemasaran ulang dapat diartikan sebagai cara untuk terhubung dengan calon customer yang sudah berinteraksi dengan website Anda sebelumnya namun belum terjadi konversi di dalamnya. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Anda perlu untuk meningkatkan iklan jadi lebih baik dan target audiens yang lebih jelas.

Dengan melakukan remarketing, Anda juga akan meningkatkan brand awareness sekaligus “mengingatkan” mengenai customer mengenai keberadaan produk. Untuk melakukan remarketing ini, Anda bisa memilih jenis kampanye Google Display Network.

Dengan menggunakan jenis kampanye yang satu ini, Anda mampu menargetkan calon customer serta kata kunci yang dapat menampilkan iklan di situs yang dijelajahi oleh calon customer. Google Display Network nantinya akan bekerja sama dengan Google Search Network (Google Penelusuran) sehingga memunculkan perintah klik pada iklan sehingga sangat besar peluang pelanggan untuk melakukan pembelian.

Pelajari Peringkat Iklan

Iklan yang berada di peringkat atas tentunya akan mempermudah pelanggan menemukan website atau iklan Anda bukan? Peringkat iklan inilah yang menjadi nilai bagi Google dan digunakan untuk menentukan posisi serta menilai apakah iklan tersebut valid ataupun tidak. Nilai iklan ini diperoleh setelah melalui proses “bid” yakni proses membandingkan iklan milik Anda dengan iklan serupa. 

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi peringkat iklan. Faktor tersebut diantaranya adalah jumlah bid, mampu memenuhi nilai minimum, konteks penelusuran, serta dampak ekstensi iklan beserta formatnya.

Perhatikan Skor Kualitas

Quality Score atau skor kualitas adalah peringkat 1 hingga 10 dimana 10 merupakan peringkat yang paling baik. Selain baik juga berkaitan dengan estimasi kualitas setiap iklan mulai dari teks iklan, kata kunci yang digunakan, hingga landing page.

Skor ini tentu menjadi gambaran umum mengenai seberapa bagus iklan yang akan Anda tayangkan. Iklan dengan skor kualitas yang tinggi tentu mendapatkan peluang yang besar agar bisa berada di posisi terbaik. 

Itu dia cara kerja dari Google Ads yang perlu Anda ketahui. Jika Anda masih bingung mengenai cara kerja Google Ads, maka Anda bisa menanyakan pada penyedia Jasa Ads atau Anda juga bisa membaca banyak artikel mengenai tips Adwords.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.