Mengenal Konsep Optimasi Pengunjung Web Dengan Google Adwords Vs Seo

google adwords vs seo
Google Adwords vs SEO

Memiliki sebuah web ataupun blog yeng memiliki banyak pengunjung adalah suatu hal yang sangat menggembirakan bagi pemiliknya. Adanya kunjungan yang banyak pada web pada akhirnya akan mengahasilkan pendapatan yang lebih dari iklan maupun penjualan produk yang disajikan. Namun dibalik itu ternyata ada hal yang dilakukan oleh pemilik web dalam optimasi webnya. Mulai dengan google adwords maupun dengan SEO (Search Engine Optimization).

Ada beberapa perbedaan, keunggulan dan kelemahan gogle adword vs SEO, berikut kita bahas lebih lanjut.

Optimasi web dengan Google Adword

Adword adalah sebuah program periklanan yang disediakan oleh google dalam menayangkan sebuah web agar tampil di halaman utama hasil pencarian google. Namun dalam perkembangannya, iklan adwords juga tampil di web publiser adsense dan tampil di jaringan iklan google lainnya.

Google adword sering digunakan memasang iklan dari web yang menjual produk, menjual jasa, web organisasi dan web lainnya yang biasanya baru saja dibuat. Tujuan utamanya adalah mendatangkan trafik kunjungan ke web itu secara cepat dan tepat.

Lebih dari itu menggunakan adword juga menjadi langkah awal dalam upaya memerkenalkan sebuah web baru pada mesin pencara google. Banyak mitos yang beredar bahwa dengan memasang adword, maka suatu web akan mudah mendapatkan posisi di halaman 1 secara alami. Hal ini selaras dengan algoritma google yang bilamana suatu web banyak dikunjungi, maka secara perlahan akan menduduki posisi halaman utama mesin pencari.

Jadi, bagi yang mengaharapkan trafik instan tentunya cara ini sangatlah tepat. Terlebih lagi, dalam iklan adword pemasang iklan dapat menarget kata kunci (keyword) seui kebutuhan. Misalnya saja ingin menarget pengunjung dari indonesia dan dari bahasa indonesia, adword menyediakan itu semua.

Tentu saja menggunakan adword ini memerlukan biaya yang cukup. Untuk mulai pasang adword, minimal harus deposit dana saldo sebesar 100 ribu dengan mengunjungi laman http://adwords.google.com di web resminya.

Optimasi dengan SEO

Optimasi web di mesin pencari seiring dengan waktu mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Hal ini dipengaruhi oleh adanya perubahan algoritma google yang setiap saat bisa mengalami perubahan. Hal mendasar dalam paktek optimasi web ini yang orang lebih mengenal dengan istilah SEO adalah optimasi kata kunci, kontent, struktur web dan linkbalik (backlink).

Jika kita bandingkan google adword vs SEO,  maka keduanya berada pada tujuan yang sama namun berbeda dalam prosesnya.  Optimasi web dengan google adword, cukup sediakan dana ke akun adword maka web bisa diiklankan dan segera mendapatkan pengunjung. Namun dalam optimasi SEO, setelah selesai membangun web perlu cek kembali struktur web agar mudah dikenali oleh mesin pencari.

Di dalam penerapan SEO, perlu adanya bidikan keyword kata kunci yang terkandung di dalam sebuah web. Mulai dari domain, judul web, diskripsi bahkan di dalam kontent pun juga dimasukan. Hal ini berbeda dengan adword yang dibahas sebelumnya.

Ada sisi positif yang bisa dicapai dengan optimasi web SEO yaitu dalam hal pembiayaan hanya dilakukan pada awal membangunnya saja. Orang melakukan SEO lebih ke jangka panjang, sehingga setelah optimasi SEO cukup menunggu hasil trafik pengunjung tanpa mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan pengunjung web.

Baca juga: Memahami Google Adwords Untuk Bisnis Anda

Optimasi web dengan google adword maupun SEO haruslah bijak dalam menggunakannya. Adword digunakan untuk membangun branding dan segera mendapat hasilnya, namun butuh biaya lebih untuk mencapinya. Sedangkang SEO lebih tepat digunakan untuk membangun web jangka panjang. Pada akhirnya nanti akan mengasilkan trafik pengnjung stabil tanpa perlu mengeluarkan biaya yang lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *